Polisi Bekuk Pria yang Kumandangkan Azan dengan Seruan Jihad

D'On, Jakarta,- Polisi menangkap seorang pria yang mengumandangkan azan dengan lafal Hayya Alal Jihad. Sebelumnya, ulah pria itu terekam dalam video berdurasi 30 detik bersama sejumlah pria lainnya di sebuah ruang didominasi cat putih dan ada tangga di belakangnya.

Dalam video tersebut, pria yang mengumandangkan azan tampak mengenakan kopiah berwarna putih, baju gamis berwarna putih serta kain sorban yang diletakkan di pundaknya.


Mereka yang berdiri di belakang mengikuti kalimat yang sama saat pria itu mengucap 'hayya alal jihad' dan beberapa orang mengepalkan tangannya ke atas.


"Benar, sudah diamankan di Cibadak, Jawa Barat," kata Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (4/12).


Informasi dihimpun, pria yang ditangkap berinisial SYM (22). Dia ditangkap dini hari tadi. Sejumlah barang bukti diamankan.


Tetapi, kepolisian belum menjelaskan rinci di mana video ini dibuat. Apakah orang-orang dalam video ini terkait dengan sejumlah yang mirip dan tersebar di media sosial.


Terkait video serupa, Polda Metro Jaya berhasil meringkus seorang pria berinisial H pemilik akun Instagram @hashophasan yang diduga menjadi menyebarkan video azan dengan seruan jihad.


"Dari hasil penyelidikan dan berhasil mengamankan satu (pemilik akun) instagram @hashophasan, dengan biodata pemilik berinisial H," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, saat konferensi pers, Kamis (3/12).


Yusri menjelaskan jika H selaku pemilik akun @hashophasan mengakui mendapatkan video azan jihad dari sebuah grup WhatsApp bernama fmconews. Kemudian H menyebarkan video unggaham itu pada 29 November 2019 lalu. 

(mdk/lia)


Powered by Blogger.