Kapolda Sumbar Siap Jalankan 7 Instruksi Kapolri Selama Operasi Lilin 2020

D'On, Padang (Sumbar),- Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz memberikan tujuh penekanan kepada seluruh petugas yang terlibat pengamanan dalam Operasi Lilin tahun 2020.

Hal ini diketahui, saat Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH membacakan amanat Kapolri saat menjadi pimpinan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin, Senin (21/12) di lapangan Imam Bonjol Padang.

Hal pertama, adalah agar menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. 

“Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,” ucap Kapolda. 

Yang ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021. 

Kemudian keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Untuk yang keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” jelasnya. 

Sebelumnya, Kapolri juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin tahun 2020.

"Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. 

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak," tambahnya.

(*)

No comments

Powered by Blogger.