Vaksin Covid-19 Berbayar, Jokowi: Saya Minta Harganya Terjangkau

D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan terkait vaksin covid-19 nantinya akan ada yang gratis dan berbayar. Terkait yang berbayar, Jokowi meminta agar ini dikalkulasi secara matang.

“Karena ini ada yang gratis, ada yang mandiri atau bayar sendiri, ini juga pengenaan biaya dalam vaksinasi secara mandiri harus betul-betul dikalkulasi dan dihitung secara cermat,” ungkapnya saat membuka rapat terbatas, Senin (26/10/2020)

Dia meminta agar disiapkan aturannya sejak awal. Selain itu Jokowi ingin harga vaksin nantinya dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Disiapkan aturan sejak sekarang, dari awal. Dan saya minta harganya bisa terjangkau,” ungkapnya.

Sebelumnya pada pekan lalu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun menjelaskan alasan tidak semua masyarakat mendapatkan vaksin gratis. Dia mengatakan bahwa sebagai penyakit menular baru dibutuhkan riset pengadaan vaksin yang tidak sebentar dan memerlukan banyak sumber daya.

“Jadi covid-19 adalah suatu bentuk penyakit menular baru sehingga riset untuk mengenali karakteristik penyakit ini masih terus dilakukan dan berjalan. Dan masyarakat perlu memahami bahwa riset pengadaan vaksin yang dilakukan juga membutuhkan proses yang panjang dan penggunaan sumber daya yang tidak sedikit,” katanya.

(dni/okz)


No comments

Powered by Blogger.