Bila Diminta, Turki Siap Kirim Pasukan Tempur ke Azerbaijan

D'On, Turki,- Wakil Presiden Turki, Fuat Okaty menyampaikan, pihaknya tak akan ragu mengirimkan tentara dan menyiapkan dukungan militer untuk Azerbaijan jika ada permintaan dari Baku. Namun sampai saat ini belum ada permintaan dari negara yang tengah berkonflik dengan Armenia itu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Armenia mengatakan dirinya tak melihat ada kemungkinan solusi diplomatik pada tahap ini dalam konflik di Nagorno-Karabakh dengan Azerbaijan.

Dikutip dari Alarabiya, Kamis (22/10), Turki telah menjanjikan solidaritas penuh dengan Azerbaijan dan menuding Yerevan mencaplok tanah Azeri.

Dalam wawancara dengan CNN Turki, Oktay juga mengkritik grup Minsk OSCE yang dibentuk untuk mediasi konflik tersebut dan dipimpin Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat karena berusaha membiarkan masalah ini tak tertangani dan mendukung Armenia, secara politik dan militer.

Negara bertetangga Armenia dan Azerbaijan terjebak dalam konflik bersenjata sejak 27 September di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh, menewaskan ratusan orang.

Wilayah sengketa Nagorno-Karabakh merupakan daerah kantong etnis Armenia di Azerbaijan, rumah sekitar 150.000 penduduk, yang lepas dari kendali Baku dalam perang tahun 1990-an yang menewaskan sekitar 30.000 orang.

Pemerintah separatisnya sangat didukung Armenia - tetapi tidak secara resmi diakui sebagai negara independen.

Turki sangat mendukung Azerbaijan dan Rusia memiliki perjanjian militer dengan Armenia. 

(Alarabiya/cnn/pan)


No comments

Powered by Blogger.