WHO Berterimakasih Kepada Rusia karena Vaksin Sputnik V Aman dan Efektif


D'On, Rusia,- 
Sputnik V, vaksin Covid-19 pertama yang terdaftar secara resmi buatan Rusia, dan dikembangkan oleh Institut Penelitian Sains Epidemiologi dan Mirkobiologi Gamaleya kini tengah memasuki tahap ketiga uji klinis yang melibatkan 2.000 sukarelawan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) berterima kasih pada Rusia karena telah mengembangkan vaksin yang aman dan efektif itu.

“WHO sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Rusia dalam mengembangkan vaksin untuk melawan Covid-19 yaitu Vaksin Sputnik V, sekali lagi saya ingin berterima kasih kepada Rusia atas upaya yang sangat baik untuk menciptakan vaksin yang aman dan efektif,” jelas Direktur Regional Eropa WHO, Hans Kluge setelah bertemu dengan Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko, demikian dikutip dari Sputnik, Senin (21/9).

Hans juga mengatakan bahwa Rusia telah membantunya memberikan bantuan kepada negara-negara Asia Tengah di saat pandemi, dan secara umum telah menunjukkan komitmennya terhadap solidaritas global.

Kementerian Kesehatan Rusia telah memastikan vaksin tersebut menjalani semua pemeriksaan yang diperlukan dan terbukti mampu membangun kekebalan terhadap virus setidaknya selama dua tahun.

Rusia kini telah menerima permintaan satu miliar dosis vaksin dari setidaknya 20 negara, namun pihak berwenang mengatakan bahwa Rusia harus mengutamakan rakyatnya sendiri terlebih dahulu.

(pan/mdk)

No comments

Powered by Blogger.