Genangan Air Akibat Hujan Deras, DPUPR Bergerak Cepat

D'On, Padang,- Hujan berketutus (deras-red)  sejak Kamis (10/9/2020) dinihari membuat sejumlah kawasan di Padang digenangi air.  Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) langsung sigap dan bergerak ke lokasi.
Kepala Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza mengatakan, kawasan yang ditemukan genangan air diantaranya di Kecamatan Padang Barat. Seperti di Purus, Bandar Purus, serta Jalan A Yani.

"Tinggi genangan sekitar 30 sentimeter, " ungkap Yenni, Kamis pagi.

Tidak saja di Padang Barat.  Di Kecamatan Padang Timur juga ditemukan genangan air.  Seperti di Andalas, Jati dan sekitarnya. Tinggi genangan sekitar 30 sentimeter.

Hal yang sama juga terpantau di Kecamatan Lubeg, yakni di Jalan Aru, Parak Penggambiran dan sekitarnya.  Di sini tinggi genangan mencapai 25 sentimeter.

Selanjutnya di Kecamatan Padang Selatan, genangan terjadi di Rawang Jondul dan sekitarnya, tinggi genangan sekitar 30 sentimeter.

“Untuk kawasan Padang Utara, Padang Barat, Padang Selatan sisi muara atau saluran primer terkait pantai, sedang terdampak puncak tertinggi pasang laut jam 09.48 WIB pagi ini. Sehingga saluran sebagian besar terisi oleh air laut dan tidak mampu menampung debit hujan dari hulu,” ujar Yenni.

Ia menjelaskan, bahwa intensitas hujan yang sangat tinggi dengan durasi lebih dua jam, menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air di Kota Padang.

‘Terpantau hingga pukul 09.05 WIB, kondisi sudah berangsur stabil, dan genangan sudah surut. Tim TRC PUPR saat ini masih standby di lokasi terkait,” pungkas Yenni.

(Charlie Ch.  Legi)

No comments

Powered by Blogger.