Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Dibaca Setelah Ashar dan Sebelum Magrib


Dirgantaraonline.co.id,- Selain itu, juga menyebutkan harapan-harapan yang akan dilakukan saat memulai penanggalan baru.

Berikut doa akhir tahun:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Lafal Latin: Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-Mu, maka sungguh aku mohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Adapun doa awal tahun yang dapat dibaca saat detik-detik memasuki hari pertama Tahun Baru Islam.

Doa awal tahun biasanya dibaca sebanyak tiga kali setelah Maghrib.

Doa ini berisi tentang harapan harapan yang akan atau ingin dicapai selama satu tahun ke depannya.

Selain itu, doa awal tahun juga berisi permohonan perlindungan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Berikut doanya:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Lafal latin: Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!

Kumpulan ucapan Tahun Baru Islam 1442 H, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Semoga semua puji dan syukur bagi Allah yang memiliki semua yang ada di langit dan di bumi. Semoga Muharram diberkati.

2. Saat Tahun Baru Hijriah dimulai, marilah kita berdoa semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh damai, kebahagiaan dan kelimpahan teman baru.

Semoga Allah memberkati Anda sepanjang tahun baru.

3. Saya berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan Anda dan keluarga Anda.
Semoga Anda semua memiliki tahun yang luar biasa ke depan.

Selamat Tahun Baru Hijriah!

4. Semoga Allah menghujani Anda dengan hadiah cinta, keberanian, kebijaksanaan, kepuasan, kesehatan, kesabaran dan kebersihan.

Selamat Tahun Baru!

5. Selamat Tahun Baru Islam untuk semua.
Semoga tahun baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran dan kebahagiaan bagi dunia.

Semoga Allah melindungi kita.

6. Selamat Tahun Baru Islam Semoga tahun ini kita bisa semakin memperkuat keislaman kita. Lebih dekat dengan Tuhan.

7. Hari ini adalah waktu untuk menghadirkan yang baru, semua keausan lama hidup hari ini.

Biarlah segala sesuatu yang buruk menjadi baik.

Selamat Tahun Baru Hijriah untuk semuanya.

8. Biarlah semua kotoran kehidupan disingkirkan, biarkan matahari baru membawa kehidupan baru.
Semoga semua dosa diubah menjadi kebajikan hari ini, semoga semua kenajisan dimurnikan hari ini.

Selamat Tahun Baru Hijriah untuk semua.

9. Semoga senyuman di wajah Anda abadi, semoga impian Anda terus hidup.
Selamat Tahun Baru untukmu di awal tahun baru.

10. Biarkan hidup Anda dipenuhi dengan kesuksesan dengan membuang semua kotoran kehidupan.

Hiasi hidup Anda dengan cara baru dengan datangnya tahun baru.
Selamat Tahun Baru.

11. Matahari telah terbit di cakrawala baru, kaya akan upacara baru di sekitar hari ini.
Semoga hidup Anda diisi dengan citra baru dengan datangnya hari baru.
Semoga Anda Selamat Tahun Baru Hijriah.

12. Selamat Tahun Baru Islam 1442 H. Tahun baru menanti, tapi doaku masih tetap sama.

Semoga semua kebaikan kita di tahun lalu senantiasa dicatat dalam buku amal yang baik dan menjadikan kita umat beruntung.

13. Tak ada nyala kembang api untuk merayakan.

Tak ada pula festival untuk menandai pergantian tahun.

Semoga tahun baru menjadi waktu perenungan dan muhasabah diri.

14. Muharam adalah bulan permulaan. Padanya ada awal kebangkitan, dan sudah semestinya kita berbenah menyiapkan hal-hal kebaikan baru untuk dijalani setahun ke depan.

15. Selamat Tahun Baru Islam 1442 H, semoga kita bisa mengaktualisasikan semangat hijrah dalam kehidupan sehari-hari.

Dari kejelekan menuju kebaikan, dari kebodohan menuju pencerahan intelektual, dari kesombongan menuju kerendahan hati, dari linnas menuju lillah.

16. Hidup bukan hanya tentang menjadi siapa yang terbaik, tapi lebih pada istiqomah untuk selalu berbuat baik di sisa umur kita.

Selamat menyambut Tahun Baru Hijriyah.
Semangat untuk Istiqomah hijrah ke kehidupan yang lebih baik lagi.

17. Sikap yang baik berasal dari hati yang baik pula, bersihkan hati, bersihkan dari segala kesalahan dengan bertaubat dan melakukan kebaikan di hari kemudian.
Selamat menyambut 1 Muharram 1442 H.

18. Jangan sesali masa lalu, jangan mengkhawatirkan masa depan, karena selalu ada harapan dan kemungkinan terbaik untuk awal yang baru.
Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbuat baik.
Selamat Tahun Baru Muharram 1442 H.

19. Semoga tahun yang akan datang membawa lebih banyak kebahagiaan bagimu daripada tahun lalu.
Semoga kamu memiliki tahun yang luar biasa.
Selamat Tahun Baru Islam.

20. Lihatlah ke langit di mana bulan sabit tersenyum gembira bersama bintang-bintang untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam.

(Dinda)

No comments

Powered by Blogger.