Pemko Padang Jalin MoU Dengan PLN Terkait Pelayanan Ketenagalistrikan

D'On, Padang,- Pemerintah Kota Padang menjalin kesepahaman kerja atau Memorandum of Understanding dengan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang tentang Kerjasama Pelayanan Ketenagalistrikan.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak yang ditandatangani oleh Wali Kota Padang Mahyeldi dan Manajer PT PLN (Persero) UP3 Padang Jefri Husni di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (6/7/2020).

Juga hadir dikesempatan itu beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya Kepala Dinas PUPR Yenni Yuliza, Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kepala Bagian Kerjasama Erwin serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Padang Jefri Husni mengatakan, maksud dan tujuan Kesepakatan Bersama ini adalah untuk meningkatkan komitmen, kerja sama dan sinergi dalam rangka Kerjasama Pelayanan Kelistrikan di Kota Padang.

Ia menjelaskan, dalam kerjasama ini fokus terhadap beberapa poin. Diantaranya tentang tata kelola pengendalian tagihan rekening listrik serta pajak penerangan jalan di Kota Padang. Selanjutnya, tentang tata kelola meterisasi KwH Meter, pengembangan ketenagalistrikan serta Kegiatan lain terkait ketenagalistrikan.

"Kita tentu berharap, setelah perjanjian kerjasama ini nantinya bisa menelurkan kerjasama-kerjasama dari beberapa poin tersebut di masing-masing instansi terkait di Pemko Padang. Seperti pada Dinas PUPR, Dinas Perdagangan, Bapenda dan lainnya," harapnya.

Jefri melanjutkan, adapun hal yang mendasari dilakukannya MoU ini adalah merupakan komitmen PT PLN (Persero) UP3 Padang dalam pelayanan ketenagalistrikan. Kemudian menjalin kemitraan dengan stakeholder terkait dan juga pemerintah daerah khususnya.

"Sesuai dari salah satu tugas yang dititipkan oleh Pemko Padang, maka kita diminta dalam memungut pajak penerangan jalan yang dititipkan didalam iuran rekening listrik. Untuk itu, menjaga pasokan listrik menjadi kewajiban kita di PLN (Persero) UP3 Padang. Sehingga apabila itu terjaga tentu juga berdampak bagi pertumbuhan dan pergerakan ekonomi di Kota Padang," terang Jefri.

Jefri pun membeberkan terkait kebutuhan listrik di Kota Padang sejauh ini sangat cukup, di samping cadangan listrik yang memadai.

"Sehingga, seperti yang disampaikan bapak Wali Kota Padang sekaitan menggeliatnya potensi investasi yang akan masuk ke Kota Padang, kita siap mendukung penuh dalam hal suplai kebutuhan tenaga listrik. Anologinya adalah, jika dibangunnya seratus hotel bintang 5 pun di Kota Padang kita siap melayani kebutuhan listriknya. Semoga MoU kali ini dapat menghasilkan tindaklanjut sesuai harapan dan segala sesuatunya berjalan dengan baik tentunya," imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Padang menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang mengucapkan terima kasih dan menyambut baik dilaksanakannya MoU tersebut.

"Di dalam mengembangkan Kota Padang, suatu aspek yang menjadi perhatian khusus adalah sektor energi listrik yang berhubungan dengan investasi tentunya. Maka itu sekali lagi kita mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) UP3 Padang yang telah menyepakati MoU tentang kerjasama pelayanan ketenagalistrikan. Semoga MoU ini dapat ditindaklanjuti menjadi Perjanjian Kerja Sama (PKS) sesegera mungkin," pungkas wako mengakhiri.

(David/AR/hms pdg)

No comments

Powered by Blogger.