Kota Padang Siapkan Pasukan Tempur di Udara

D'On, Padang,- Kota Padang melalui Dinas Kominfo melakukan Bimbingan Teknis terhadap Administrator Webmail dan Sanapati seluruh OPD se Kota Padang.
Bimtek ini dimaksudkan untuk menyiapkan SDM yang handal di setiap OPD guna menjaga Keamanan Informasi seluruh OPD dan Pemko Padang.

"Perkembangan teknologi informasi tidak bisa di elakkan, rela atau terpaksa kita harus memasukkinya. Dan saat ini Kota Padang dipaksa menyiapkan diri lebih cepat. Pademi Covid19 membiasakan diri dengan teknologi informasi ini, semua kerja dan program pemerintah harus tetap terlaksana dengan keterbatasan untuk melakukannya secara tatap muka. Maka solusinya adalah teknologi informasi contohnya Meeting Online dan sebagainya". Ungkap Asisten Administrasi Umum Setdako Padang, Dr. Didi Aryadi, dalam sambutannya membuka  kegiatan ini.(23/7/2020).

Salah satu teknologi informasi yang alan di terapkan adalah email Sanapati. Sanapati merupakan email khusus yang terenkripsi dan memiliki pengamanan yang kuat, merupakan produk Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN). Email khusus ini akan menjadi jembatan korespodensi antar OPD se Kota Padang.

"Zaman revolusi industri 4.0 ini menuntut pemerintah harus menyiapkan SDM yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada" . Tukuk pak Asisten.

Sementara itu Kadis Kominfo Dr. Rudy Rinaldy mengatakan, pemakaian Email Sanapati ini akan membawa banyak keuntungan bagi Pemerintah Kota, seperti penghematan pemakaian kertas, kurir pengantar surat tidak diperlukan lagi, dan sangat terjamin keamanannya, karena akan di pantau langsung oleh BSSN.

Pemerintah Kota Padang melalui Diskominfo akan menyiap semua aturan agar Email Sanapati ini sudah bisa diterapkan dalam waktu dekat, baik dengan Perwako maupun Keputusan Wali Kota.

Admin Sanapati ini diharapkan tidak hanya mengelola administrasu saja, akan tetap menjadi pasukan tempur Kota Padang , yang akan menjaga setiap Informasi yang bersileweran di udara Kota Padang.

Narasumber kegiatan yang di angkat di Kryad Bumi Minang ini adalah  Rizkal, S.Sos, MSi dari BSSN Jakarta.

(MaF)

No comments

Powered by Blogger.