Diakui Sri Mulyani Redenominasi Rupiah Rp1.000 Jadi Rp1 Bikin Heboh


D'On, Jakarta,- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) angkat bicara mengenai redenominasi Rupiah atau penyederhanaan nilai mata uang.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, rencana redenominasi Rupiah memang banyak menghebohkan masyarakat. Sebab redenominasi Rupiah ini berdasarkan Undang-Undang (RUU) Redenominasi Rupiah, di mana kebijakan tersebut masuk dalam rencana strategi (renstra) Kemenkeu lima tahun ke depan.

"Jadi saya juga paham kenapa Anda semua heboh, Anda semua melihatnya hari ini sama seperti itu. Tapi kan kita juga tetep kasih perencanaan dan harus," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, rencana itu memang sudah diminta oleh Bank Indonesia. Namun, pihaknya belum bisa mengutamakan rencana pemangkasan nominal pada mata uang Rupiah.

"Itu selalu di dalam Prolegnas selama ini seperti yang dimintakan oleh BI ada. Jadi sekarang kita covid dulu lah. Itu kan jangka menengah," katanya.

Sri Mulyani menambahkan akan selalu memberikan informasi mengenai rencana Kementerian Keuangan kepada anggota dewan. Adapun mengenai redominasi rupiah yang akan masuk dalam jangka menengah.

"Kan kita harus selalu mengupdate kepada DPR utk menyampaikan apa-apa yang disebut perencanaan legislasi dari jangka menengahnya," katanya.

(mond/okezone)

No comments

Powered by Blogger.