Lewati Manchester United, Liverpool Menjadi Klub Paling Diidolakan Warga Inggris


D'On, Inggris,- Liverpool menjelma jadi tim sepak bola paling diidolakan oleh warga Inggris. Pasukan Jurgen Klopp itu mengalahkan Manchester United dalam jajak pendapat YouGov.

Dilansir dari Sport Mirror, jajak penadapat YouGov telah menunjukkan bahwa The Reds meraup dukungan sebesar 8,3 persen dari populasi sebagai tim sepak bola yang paling difavoritkan di Inggris.

Jajak pendapat itu menghitung kemungkinan klub-klub papan atas pada 16 metrik yang berbeda dan menarik informasi dari masyarakat umum, bukan hanya dari orang-orang yang mengaku sebagai penggemar tim-tim tertentu.

Dalam riset ini, Liverpool berhasil menempati urutan pertama, mengungguli Manchester United yang hanya puas di tempat kedua dalam daftar tersebut dengan meraup suara enam persen saja.

Manchester City, Newcastle, dan Wolves juga termasuk beberapa di antara klub yang disukai meskipun tidak memiliki basis penggemar terbesar. Chelsea, dengan basis penggemar tertinggi ketiga, hanya menempati urutan keenam sebagai tim yang paling disukai.

Aspek agar bisa menjadi klub idola bagi sebagian besar warga Inggris dihitung dari beberapa faktor, seperti manajemen klub, pemain, budaya penggemar, tradisi, dan gaya permainan.

Dalam studi ini banyak orang berhadap Liverpool bisa mengangkat gelar juara Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 30 tahun terakhir.

Tim yang berbasis di Merseyside itu memang telah unggul di klasemen sementara Liga Inggris. Dengan perolehan 82 poin saat ini, mereka telah unggul 25 poin dari rivalnya Manchester City yang berada di tempat kedua.

Memang tak bisa dipungkiri, Liverpool telah menjelma jadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris sejak klub diambil aluh pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp, pada 2015 silam.

Musim lalu mereka berhasil memenangkan trofi Liga Champions, dan di musim ini mereka sudah hampir menyudahi puasa gelar Premier League yang berlangsung selama  tahun.

Liverpool berpeluang besar meraih trofi Liga Inggris musim ini saat kompetisi dilanjutkan pada 17 Juni mendatang. 

Pada jadwal Liga Inggris di hari itu, The Reds berharap Manchester City menelan kekalahan dari Arsenal. Dengan demikian, Liverpool hanya membutuhkan 1 kemenangan lagi yaknipada saat menghadapi Everton beberapa hari kemudian tepatnya 20 Juni, demi menyegel gelar juara liga.

Lebih dari itu, berkat otak dingin Klopp yang merupakan mantan pelatih Mainz, Liverpool kedatangan banyak pemain ampuh. Ada Sadio Mane yang dibeli 30 juta poundsterling (Rp597 miliar) dari Southampton, dan kini menjadi salah satu pemain termahal.

Virgil van Dijk, bek dengan harga termahal 75 juta poundsterling (Rp1,4 triliun), ada rupa ada harga karena kualitasnya memang tidak diragukan lagi. Sempat lesu saat bela Chelsea, Mohamed Salah justru kini menjadi salah satu pemain terbaik Liverpool.

(alang)

No comments

Powered by Blogger.