5 Cara Mendapatkan Dana Bantuan untuk Biaya Kuliah, Gak Cuma Beasiswa!


Dirgantaraonline.co.id,- Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan dasar yang sangat penting untuk dapat menunjang masa depan yang cerah. Sayangnya, biaya untuk dapat mengenyam baku pendidikan sering kali menjadi kendala karena terbilang mahal.

Namun, tahukah kamu jika sebenarnya terdapat cara untuk mendapatkan dana bantuan dalam biaya pendidikan? Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan

Tabungan pendidikan adalah sebuah produk perbankan yang memiliki ketentuan jumlah dana serta bunga yang telah ditetapkan sebagai rencana tabungan pendidikan dalam jangka menengah maupun panjang.

Sedangkan, asuransi pendidikan adalah produk keuangan berupa asuransi unit link yang tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga nilainya pun bisa turun dan naik tergantung nilai pasar saham.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan jika kedua cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan bersiap persiapan jangka panjang. Oleh karenanya, kedua hal ini  bisa menjadi cara untuk menyediakan biaya pendidikan bagi anak kamu kelak.

2. Dana pendidikan yang disediakan oleh pihak universitas

Beberapa universitas umumnya menyediakan bantuan dana pendidikan bagi setiap mahasiswanya yang membutuhkan. Fasilitas ini merupakan keuntungan yang dapat diperoleh bagi mahasiswa yang memiliki kondisi keuangan di bawah taraf mampu. Hanya saja, bantuan ini bersifat ikatan dinas sehingga setelah lulus kamu harus langsung bekerja di tempat sponsor tersebut. 

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah upaya untuk memperoleh biaya pendidikan berupa pinjaman tanpa harus memberikan jaminan suatu aset yang kamu miliki. 

Namun, karena tidak ada jaminan biasanya bunga yang dipatok oleh bank cukup tinggi mencapai 4 persen per bulan. Nah, jika kamu ingin memanfaatkan cara yang satu ini, pastikan bahwa kamu benar-benar komitmen dan disiplin dalam membayar angsuran setiap bulannya.

4. Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu pilihan paling umum yang biasanya dicari oleh setiap orang untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan beasiswa terdapat beberapa persyaratan tertentu, seperti memiliki nilai yang cukup baik, berprestasi di sekolah, bahkan ada beasiswa yang mewajibkan pendaftarnya mengikuti tes seleksi terlebih dahulu.

Jika dikategorikan berdasarkan sumbernya, beasiswa ini akan terbagi menjadi lima, yakni beasiswa perguruan tinggi, beasiswa lembaga pemerintahan, beasiswa swasta, beasiswa yayasan pendidikan, dan beasiswa  non-formal atau beasiswa yang berasal dari aktivis/donatur.

5. Investasi

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan investasi pada instrumen properti maupun emas. Kedua nilai investasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin meraih keuntungan karena nilainya selalu mengalami kenaikan. Hanya saja, investasi ini bersifat tabungan jangka panjang sehingga jika ingin mendapatkan keuntungan kamu harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara mendapatkan dana bantuan untuk biaya kuliah. Jadi, jika kamu memang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi segeralah persiapkan dirimu mulai dari sekarang. Kalau ingin mendapatkan beasiswa, jangan lupa juga untuk terus belajar, berusaha keras, dan pantang menyerah.

(mond/IDN)

No comments

Powered by Blogger.