Trump Himbau Warga AS Kembali Hidup Normal Dengan Atau Tanpa Vaksin

D'On, Amerika Serikat,- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan negaranya akan kembali dibuka dengan atau tanpa vaksin. Sebelumnya Trump menyatakan bahwa pemerintah berusaha untuk mewujudkan penyuntikan vaksin pada akhir tahun ini.

Dia menyamakan proyek vaksin, dijuluki 'Operation Warp Speed', dengan upaya Perang Dunia II untuk menghasilkan senjata nuklir pertama di dunia.

Tetapi Trump menjelaskan bahwa bahkan tanpa vaksin, orang AS harus mulai kembali ke kehidupan mereka seperti biasa.

Berbicara di sebuah konferensi pers Gedung Putih Rose Garden pada hari Jumat (15/5), Trump mengatakan proyek akan dimulai dengan studi pada 14 kandidat vaksin yang menjanjikan untuk mempercepat penelitian dan persetujuan.

"Artinya itu akan dilakukan secara besar dan tepat. Sebuah upaya ilmiah, industri, dan logistik besar-besaran tidak seperti apa pun yang telah dilihat negara kami sejak Proyek Manhattan," kata Trump merujuk pada Operation Warp Speed, dilansir dari laman BBC, Sabtu (16/5).

Trump menunjuk seorang jenderal Angkatan Darat dan mantan eksekutif kesehatan untuk memimpin operasi, kemitraan antara pemerintah dan sektor swasta untuk menemukan dan mendistribusikan vaksin.

Moncef Slaoui, yang sebelumnya memimpin divisi vaksin di perusahaan raksasa farmasi GlaxoSmithKline, akan memimpin misi, sementara Jenderal Gustave Perna, yang mengawasi distribusi untuk Angkatan Darat AS, akan melayani sebagai chief operating officer.

Terkait penyediaan vaksin, Slaoui mengatakan ia optimis bahwa ratusan juta dosis vaksin akan siap pada akhir tahun. Ia mengakui bahwa targetnya ambisius, tetapi juga menegaskan bahwa dirinya bukanlah orang yang bersedia melakukan sesuatu kecuali itu bisa dicapai.

Banyak ahli meragukan bahwa vaksin akan tersedia pada akhir tahun ini.

(mond/BBC)

No comments

Powered by Blogger.