Presiden Resmi Tunda PON Papua 2020


D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON 2020 Papua ke Oktober 2021. 

Pemerintah Provinsi Papua menyebutkan pihaknya telah menerima hasil rapat kabinet yang membahas pelaksanaan PON tersebut.

"Sudah dapat hasil rapat kabinet, sekarang lagi siap-siap konferensi pers juga yang dipimpin Wagub (Klemen Tinal)," kata Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Papua, Ridwan Rumasukin, Kamis, 23 April 2020.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua sebagai Pengurus Besar PON (PB PON) 2020 telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo perihal dampak penyebaran virus corona atau Covid-19 terhadap persiapan PON 2020 Papua.

Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Papua, Muhammad Musa’ad, menyatakan surat itu juga ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. 

"Pekan lalu dikirim suratnya," kata Musa’ad saat dilansir dari Tempo, Selasa, 14 April 2020.

Menurut dia, poin yang disampaikan kepada ke Presiden Jokowi soal sejauh mana persiapan PON yang telah dikerjakan. Target yang dipatok bahwa penyelesaian seluruh venue harus rampung pada Juni mendatang.

"Setelah wabah ini memang agak terganggu beberapa venue, pengerjaan itu agak tertunda karena ada beberapa sebagai dampak corona yang cukup mempengaruhi progress," kata dia.

Musa’ad menyerahkan keputusan kepada pemerintah pusat perihal menunda atau tetap melaksanakan PON pada Oktober mendatang. Pemprov Papua, kata dia meminta pertimbangan dan arahan Presiden Jokowi untuk bisa mengambil keputusan secepatnya.

(mond/tempo)

No comments

Powered by Blogger.