Breaking News

Masyarakat di Perbatasan Posko Covid-19 Berperan Aktif

D'On, Padang,- Dalam rangka mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Padang, pemerintah kota setempat telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan termasuk menutup semua akses pintu masuk dari luar ke kota itu.

Saat ini telah dibuat posko pemeriksaan di beberapa titik perbatasan Kota Padang. Diantaranya di Jalan Adinegoro Kayu Kalek berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman, lalu di Jalan By Pass Anak Aie, di Lubuk Paraku arah masuk dari Kabupaten Solok dan di Bungus Teluk Kabung arah berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan," sebut Kepala BPBD Kota Padang Barlius Jumat (3/4/2020).

Selain itu sebut Barlius, saat ini juga telah dilakukan penutupan jalan di simpang Jalan Raya Lubuk Begalung dan Jalan Sutan Syahrir Mata Air oleh Dinas Perhubungan. Tujuannya guna melakukan pemeriksaan bagi setiap kendaraan yang akan masuk ke pusat kota.

"Alhamdulillah, sejak diberlakukannya pembatasan di beberapa titik pintu masuk ke Kota Padang, masyarakat setempat yang berada di sekitar posko perbatasan juga terlihat cukup arif dan ikut berperan membantu petugas di perbatasan" ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Jumat (3/4/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, untuk posko perbatasan di Jalan Adinegoro Kayu Kalek berjalan efektif. Adapun petugas yang berjaga di posko perbatasan itu antara lain petugas kesehatan, personil BPBD, Sat Pol PP serta TNI-Polri dan organisasi kemasyarakatan setempat yang juga ikut membantu.

Barlius pun juga mengatakan dalam pelaksanaannya pun petugas juga ikut didukung Tagana dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) serta berbagai komponen masyarakat dan masyarakat sekitar di posko perbatasan tersebut.

"Mulai dari ada yang ikut membantu pekerjaan dari petugas, sampai kepada pemberian bantuan berupa makanan, minuman, bahkan masker serta kebutuhan lainnya. Alhamdulillah kita tentu berterima kasih banyak atas kepedulian masyarakat dalam hal ini. Hampir di semua posko perbatasan didapati hal yang sama," sebutnya.

"Seperti di posko perbatasan Kayu Kalek ini kita kan menumpang sementara di depan rumah warga dan bahkan untuk fasilitas tenda dan lampu juga difasilitasi sama mereka," terangnya.

Sementara itu, Fitri (45) salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari posko perbatasan di Jalan Adinegoro Kayu Kalek terlihat ikut membantu petugas yang berjaga di posko perbatasan. Ia pun tampak memberikan bantuan berupa makanan dan minuman kepada petugas.

Sementara hal yang sama juga dilakukan Yudi (53), ia juga ikut membantu petugas mengarahkan bus yang akan masuk ke Padang melewati jalur Jalan Adinegoro tersebut.

"Kita membantu ini spontan yang tujuannya untuk kita semua juga. Agar pekerjaan pemeriksaan ini maksimal dan masalah penyebaran wabah covid-19 dapat ditangani secara baik," tuturnya sewaktu ditemui dikesempatan itu.

(hms pdg)