Dinas Pendidikan dan Kwarcab 18 Kabupaten Dharmasraya Sukses Gelar KMD 2020

D,On, Dharmasraya (Sumbar),- Dinas Pendidikan bersama dengan Kwarcab 018 Kabupaten Dharmasraya gelar Khursus Mahir Dasar (KMD) yang dilaksanakan pada tanggal 4-8 maret 2020 bertempat di gedung SPNF SKB Kabupaten Dharmasraya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 197 orang peserta yang terdiri dari pra siaga 25 orang, siaga 44 orang dan penggalang 128 0rang.

Ditemui dirgantaraonline.co.id, diruang kerjanya Kadis Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Marius, S.Pd. MM, menyampaikan, KMD 2020 berjalan dengan baik dan sukses. Setidaknya ada beberapa yang menjadi dasar pelaksanaan KMD tersebut, diantaranya Permendikbud nomor 62 tahun 2014 dan UU nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. 

Dalam permendikbud nomor 62 tahun 2014 itu cukup jelas bahwa salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib itu adalah berbentuk Pendidikan Kepramukaan ulasnya. Untuk itu perlu diadakan pelatihan  atau pembinaan agar para peserta nantinya dapat mentransfer ilmu tentang kepramukaan kepada siswa siswi di sekolah masing-masing imbuhnya mengakhiri pembicaraan.

Disampaikan ketua pelaksana Hendri Yamtiko Jati, S.Pd MM kegiatan KMD Angkatan ke II ini terlaksana dengan baik, kita mengundang narasumber dari kwarda  kak Yudi Aningskar Widatyanto, S.Pd dan Kak Misrawati, kapusdiklatcab Jasrul, S.Pd dan juga ketua PWI kabupaten Dharmasraya.

Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Kabupaten Dharmasraya H. Adlisman selaku kakwarda 18 Dharmasraya, beliau menyampaikan  kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik guna meningkatkan kualitas pengetahuan dan pengalaman melalui KMD ini. Lebih lanjut disampaikan, kedepan sebanyak 40 orang peserta KMD terbaik tahun ini insyaallah akan di panggil mengikuti KML tahun 2021 pungkasnya.

Dihubungi via wa, narasumber dari kwarda Misrawati menyampaikan, KMD ini sangat berguna bagi guru sekaligus dapat mengenal pramuka lebih jauh. Kebanyakan dari guru selama ini hanya sebatas bersimpati saja terhadap pramuka, setelah mengikuti KMD diharapkan mereka akan lebih memahami pramuka dan menularkannya pada anak didik.

Untuk pelaksanaan KMD kedepan kita berharap pusdiklatcab bersama kwarcab 18 Dharmasraya selalu  bersinergi untuk capaian pelaksanaan kegiatan yang lebih sukses lagi dengan memperhatikan aspek aspek waktu dan kepesertaan ulasnya.

(Husnul A/jeff)

No comments

Powered by Blogger.