Menguak Keajaiban Besi Berdasarkan Al-Quran


Dirgataraonline.co.id,- Besi merupakan benda yang dapat kita jumpai sehari-hari di sekitar kita. Tentu kita tidak perlu menanyakan lagi apa manfaat besi dalam kehidupan. Sebab, rumah, kendaraan, alat masak, alat berburu dan lain sebagainya selalu terdapat kandungan besi di dalamnya.

Sebagai benda yang dapat memudahkan kebutuhan manusia, nyatanya besi bisa saja menjadi benda yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Lho, kok bisa?

kekuatan besi yang tidak perlu lagi dipertentangkan adalah bukti bahwa di dunia ini selalu ada yang lebih kuat, dan yang paling kuat dari segalanya jelas Allah Swt.

Dalam berbagai ayat Al-Qur'an, Allah Swt menyinggung tentang keajaiban benda keras tersebut. Secara lebih khusus, surah Al-Hadid yang merupakan surah ke-57 dalam Al-Qur'an memiliki arti besi.

Kata Al-Hadid sendiri diambil dari ayat ke-25 surah tersebut yang berbunyi;

Laqad arsalnaa rusulanaa bil bayyinaati wa anzalnaa ma'ahumul kitaaba wal miizaana liyaquuman naasu bil qis?, wa anzalnal hadiida fiihi ba'sun syadiiduw wa manaafi'u lin naasi wa liya'lamallaahu may yansuruhuu wa rusulahuu bil ghaiib, innallaaha qawiyyun 'aziiz.

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa." (QS. Al-Hadid: 25)
Ayat di atas menjadi semakin jelas bahwa besi adalah tanda-tanda kekuatan Allah Swt yang Maha Besar.

Sementara dalam ayat lain besi kembali disinggung Allah sebagai benda yang istimewa. Seperti yang disebutkan dalam surah Saba' ayat 10 yang artinya:

"Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, dan Kami telah melunakkan besi untuknya." (QS. Saba: 10)
Sebagai benda yang menjadi salah satu mukjizat Nabi Daud as, besi jelas memiliki keistimewaan dari benda lainnya.

Uniknya, Allah Swt juga menjelaskan bagaimana proses pengolahan besi jauh sebelum manusia modern mengetahi caranya.

Allah Swt berfirman dalam surah Al-Kahfi ayat 96 yang artinya:

"Berilah aku potongan-potongan besi. Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain, 'Tiuplah (api itu). Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api'. Dia pun berkata, 'Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu.'" (QS. Al-Kahfi: 96)

Sebenarnya masih banyak ayat lain yang menunjukkan betapa istimewanya besi, namun yang pasti kita sebagai umat muslim dapat merenungi adanya kekuatan Allah yang Maha Dahsyat melalui banyak benda di sekitar kita.

Wallahu a'lam.

No comments

Powered by Blogger.