Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang Tahun Ini

D'On, Padang,- Minat wisatawan untuk mengunjungi pulau – pulau di perairan Kota Padang terus meningkat. Hal itu dirasakan masyarakat dengan berkembangnya jasa penyewaan perahu dan tour guide.

Pemerintah Kota Padang cepat menyikapi perkembangan tersebut dengan mempermudah akses ke pulau – pulau. Dalam waktu dekat memulai pembangunan dermaga di Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan, pembangunan dermaga tersebut direalisasikan 2020 ini. Pembangunan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang sebesar Rp 2,6 milyar.

“Pembangunan dermaga akan diselesaikan 2020 ini. Yaitu dermaga terapung yang berlokasi di teluk Sungai Pisang,” kata Medi saat peninjauan lokasi, Senin (13/01/2020).

Peninjauan ini dipimpin Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kesejahteraan Rakyat (Ekbang Kesra) Sekretariat Daerah Kota Padang Hermen Peri. Turut didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang juga plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Yeni Yuliza, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arfian,  Kabag Pembangunan Hermansyah, Kabah Pengadaan Barang dan Jasa Novalino dan Camat Bungus Teluk Kabung M. Latif serta beberapa jajaran SKPD terkait.

Lebih lanjut, menurut Medi Iswandi, kebutuhan dermaga untuk penunjang fasilitas transportasi pariwisata di kawasan itu dipandang penting. Pasalnya, lokasi bakal dermaga merupakan titik terdekat untuk akses menuju pulau – pulau di perairan Bungus dan sekitarnya.

“Apalagi sekarang jalan Teluk Kabung – Mandeh Tarusan sudah sangat representatif sehingga dermaga ini jadi pilihan tepat sebagai titik akses menuju pulau – pulau, ” ulas Medi.

Terkait lahan, menurut Kepala DPRKPP Yeni Yuliza sudah tidak ada kendala. Setelah perencanaan dan DED selesai, pembangunan dapat dimulai.

“Lahan tidak ada masalah. Pembangunan bisa dimulai dan ditargetkan selesai tahun ini juga, ” ujar Yeni.

Senada dengan itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian menyebut, dibangunnya dermaga memberikan kemudahan bagi wisatawan. Dampaknya juga akan turut dirasakan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata sendiri.

“Tersedianya dermaga akan menjadikan Sungai Pisang sebagai titik tolak menuju pulau. Dipastikan kawasan ini nantinya lebih ramai dan sibuk, sehingga ekonomi masyarakat lebih menggeliat, ” imbuh Arfian.

(hms pdg)

No comments

Powered by Blogger.