Padang Peringati Hari Pahlawan Wali Kota Mahyeldi : Mari Jadilah Pahlawan Masa Kini !

D'On, Padang,- Pemerintah Kota Padang bersama seluruh elemen di kota tersebut memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun 2019 dengan menggelar Upacara Bendera di Lapangan Imam Bonjol, Minggu pagi (10/11/2019).

Upacara peringatan hari bersejarah bagi Negara Republik Indonesia itu dipimpin langsung Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dengan dihadiri Wakil Wali Kota Hendri Septa, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, unsur Forkopimda Kota Padang serta ASN di lingkup Pemko Padang. Juga hadir berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas), pelajar, serta para pejuang dan keluarga veteran.

Mengawali sambutannya Wali Kota Mahyeldi membacakan pidato tertulis Menteri Sosial Juliari P. Batubara dihadapan hadirin dan peserta upacara. Diantaranya wali kota menyampaikan melalui peringatan Hari Pahlawan kali ini diharapkan semua warga Kota Padang senantiasa menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

"Sebagaimana ungkapan 'The Founding Fathers' kita sekaligus proklamator bangsa Bung Karno pernah menyatakan, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," sebut Mahyeldi.

Selain itu kata wali kota, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan juga diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi generasi bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Hal inu sesuai tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yakni "Aku Pahlawan Masa Kini".

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata guna memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti diantaranya menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya," jelas Mahyeldi yang juga Ketua DPW Forum Bela Negara Sumatera Barat itu.

Ditambahkannya,  jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, namun sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. "Tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata internasional."

"Maka itu, jangan pernah kita biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu dengan tetesan darah dan air mata ini menjadi sia-sia. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan berusaha membangun negeri menuju Indonesia maju hingga masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Lebih jauh terang wali kota lagi, dengan menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini tentunya diharapkan permasalahan yang sempat melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi secara baik.

"Untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Sekali lagi kami mengucapkan selamat memperingati Hari Pahlawan, dan semoga kita semua senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. Begitu juga NKRI menjadi negara yang kuat, berdaulat, maju dan sejahtera rakyatnya," tukas Wako Mahyeldi mengakhiri sambutan sembari memimpin aksi mengheningkan cipta guna mengingat jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 tingkat Kota Padang tersebut, di akhir kegiatan juga dilakukan penyerahan hadiah lomba penetapan keluarga pemenang Penilaian Implementasi Program 18.21 Tingkat Kota Padang Tahun 2019. Selain itu juga diserahkan hadiah pemenang lomba penilaian pilar-pilar sosial berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2019 serta bantuan sosial bagi keluarga veteran di Kota Padang.

(HumasPadang)

No comments

Powered by Blogger.