Breaking News

Hadiri ISEF 2019, Hendri Septa Bertekad Lebih Majukan Ekonomi Syariah Kota Padang

D'On, Padang,- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga selaku Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Padang, diundang menjadi tamu istimewa dalam kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di Jakarta.

ISEF 2019 sendiri berlangsung selama 12-16 November 2019 di Jakarta Convention Center. Kegiatan bertaraf internasional itu merupakan wujud Sinergi Implementasi Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Bank Indonesia (BI), Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Kementerian Luar Negeri, dan otoritas/lembaga terkait Iainnya yang bersinergi dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Adapun tema kegiatan yakni “Sharia Economy for Stronger and Sustainable Growth”.

"Seperti diketahui, ISEF 2019 menjadi babak baru untuk mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah nasional ke level global dalam mewujudkan Indonesia sebagai rujukan (center of excellence) ekonomi keuangan syariah dunia. Pelaksanaan ISEF menjadi salah satu implementasi dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, guna menjawab berbagai tantangan yang muncul dalam pengembangan ekonomi syariah, khususnya terkait industri halal di tanah air," sebut Hendri Septa sewaktu sewaktu ditemui wartawan di sela pembukaan kegiatan, Selasa (12/11/2019).

Dalam kesempatan itu Hendri Septa juga terlihat melakukan temu ramah sembari berdialoh dengan beberapa delegasi berbagai negara peserta ISEF 2019. Salah satunya bersama delegasi dari Australia dan juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang didapuk menjadi 'keynote speaker' di acara tersebut.

"Saya tentu mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana pelaksana ISEF 2019 yang telah mengundang kami mengikuti kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan ini dan apa saja yang saya dapatkan dan ketahui dalam kegiatan ini bisa menjadi masukan dan modal berharga untuk membangun perekonomian masyarakat Kota Padang lebih maju lagi ke depan," tukasnya bersemangat.

ISEF 2019 sendiri merupakan salah satu platform yang digunakan Pemerintah untuk mengintegrasikan kerja sama internasional, baik kerja sama antar-pemerintah, maupun antar pelaku usaha dan para pemangku kepentingan Iainnya dalam industri halal. Berbagai inisiatif kerja sama internasional dan kolaborasi antar Iembaga akan terus didorong, dimana Pemerintah juga tengah merencanakan 'Halal Summit 2020' dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal global.

"Dalam kegiatan ini saya mendapati bahwa kemampuan Investasi dan posisi strategis bagi pengembangan ekonomi Syariah saat ini terbuka lebar dalam menciptakan iklim investasi yang ramah dengan adanya sinergi beberapa otoritas/lembaga dalam kegiatan ISEF 2019 ini," tukuk Hendri lagi.

Sementara itu lanjutnya, dari sisi investasi keuangan syariah, kehadiran BPKH yang berinvestasi pada efek syariah diyakini dapat mendorong berkembangnya investasi syariah sekaligus akan menongkrak market size syariah.

Adapun rangkaian kegiatan ISEF 2019 terdiri dari kegiatan International Summit & High Level Forum, International Conference & Talk Show, Investment Forum, Business Matching, Business Coaching dan International Showcase & Exhibition.

Di tengah beragam agenda acara internasional, ISEF tahun ini tetap menyertakan pelaku UMKM syariah dan pesantren sebagai bentuk inklusivitas strategi pengembangan EKSyar di Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem Halal Value Chain (HVC).

(hms)