Di Alam Terbuka Bisa Dapatkan Keterampilan

D'On, Padang,- Untuk memiliki dan mengasah keterampilan tidak hanya dibangku sekolah saja akan tetapi bisa juga di alam terbuka, seperti lomba ketangkasan bagi pramuka penggalang. Oleh karena itu keterampilan harus mutlak dimiliki setiap individu, karena dengan memiliki keterampilan kita bisa bersaing dalam menata kehidupan, seperti  kegiatan hari ini lomba ketangkasan bagi pramuka penggalang.

Pemko Padang mengapresiasi dan mengucapan terima kasih kepada gugus depan SMPN 34 Padang yang telah melaksanakan Jumpa Pasukan Penggalang (Jumpaslang) semoga apa yang telah dilakukan  dapat bermanfaat dalam pembinaan karakter generasi muda.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Azwin  mewakili Wali Kota Padang saat membuka secara resmi acara Jumpaslang ke-2 Tingkat Kota Padang di Lapangan SMP 34 Padang Kecamatan Koto Tangah, Senin (17/12/18).

Lebih jauh dikatakan Azwin, pendidikan kepramukaan mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam pembinaan karakter bagi kaum muda sebagaimana yang tertuang dalam Satya dan Dasa Darma pramuka.

“Pramuka ini adalah aset bangsa yang harus dikembangkan, karena pramuka ini dapat membangun jiwa patriotisme dan nasionalisme serta mengembangkan jati diri anak bangsa indonesia berbudaya yang luhur,”terang Azwin.

Kemudian dijelaskan Azwin, pendidikan pembinaan kepramukaan merupakan tanggung jawab kita bersama pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Kepala sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan bersama guru pembina di sekolah merupakan motivator dan dinamisator utama dalam kelangsungan pendidikan kepramukaan di gugus depan.

Adik-adik merupakan utusan dari masing-masing gugus depan Se-Kota Padang berarti adik-adik adalah anggota regu pramuka penggalang yang berprestasi tinggi dan siap untuk berkompetisi menampilkan kemampuan dan ketangkasan dibidang kepramukaan dalam rangka memperebutkan piala bergilir Wali Kota Padang yang kedua. Hari ini adi-adik berkumpul disini dalam Jumpaslang sekaligus akan menunjukan kemampuan dan ketangkasan pramuka penggalang dari gugus depan masing-masing secara beregu.

“Untuk itu lanjutkan perjuangan adik-adik dan capai presati yang lebih baik sehingga memperoleh regu yang berprestasi tinggi dalam lomba pramuka penggalang ini,”ujar Azwin.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP 34 Padang Hasbi menyampaikan, sesuai dengan Permen di Kurikulum 13 kegiatan Ekskul pramuka sudah merupakan Ekskul wajib untuk memotivasi adaik-adik pramuka di SMP 34 Padang tentu kita juga ingin berbagi dengan sekolah-sekolah yang lain.

“Kita berterima kasih kepada semua sekolah yang telah ikut berpartisipasi aktif ikut kegiatan ini, untuk memperebutkan piala bergilir dari Wali Kota Padang dan piala Kadis Pendidikan Kota Padang,”ujarnya.

Untuk itu SMP 34 mencoba memfasilitasi, mengadakan lomba pramuka tingkat penggalang yang kita kemas dengan nama Jumpaslang (Jumpa Pasukan Penggalang). Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya kita laksanakan dengan berbagai cabang lomba antara lain lomba PBB bertongkat, lomba tahfis quran, lomba pionering dan lomba melukis.

Pesertanya lomba terdiri dari penggalang tingkat SD dan SMP termasuk juga adik-adik dari siaga yang berjumlah 500 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari mulai dari pagi ini sampai sore harinya.

“Saya mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini dan berharap Jumpaslang ini tiap tahun kita laksanakan, karena ini merupakan Ikon dari SMP 34 Padang,”tutur Hasbi. (hms)

No comments

Powered by Blogger.