Kritikan Rossi Berbuah Manis, Sirkut Chang Thailand Sukses Buat Balapan Menarik

D'On, Thailand,- Thailand sukses menjadi salah satu pusat perhatian dunia dalam olahraga balap motor.
Sirkuit Chang, Buriram membawa Thailand masuk ke dalam jajaran negara yang mampu menggelar event balap MotoGP. Kejuaraan Dunia MotoGP untuk pertama kalinya hadir di Negeri Gajah Putih tersebut pada akhir pekan kemarin, 6-7 Oktober.
Keberadaan Sirkuit Chang memang cukup untuk menarik minat Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP memboyong event tersebut ke Thailand. Meski sebelumnya, banyak tarik ulur di kalangan pebalap yang menyebut Sirkuit Chang tak begitu menarik untuk menggelar MotoGP.
Sebelum Dorna teken kontrak dengan pihak Sirkuit Chang, pebalap kenamaan seperti Valentino Rossi bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu senang jika pergi ke Sirkuit Chang untuk melakoni balapan. Tata letak dan lokasi Sirkuit Chang menjadi alasan Rossi mengapa dia tidak terlalu berminat untuk balapan di sana.
"Saya berada di Thailand untuk acara Yamaha pada dua tahun lalu dan lintasannya tidak menarik. Ini sangat membosankan, tidak banyak tikungan, hanya lurus panjang. Saya pikir itu bukan tempat terbaik untuk balapan," ungkap Rossi saat itu seperti dikutip dari Crash.
"Dan juga jalurnya sangat buruk, ini jauh dari mana-mana. Jadi saya tidak begitu senang pergi ke Thailand, intinya ke trek itu. Tapi kalau kita harus pergi, kita akan pergi," sambung Rossi mengkritik infrastruktur menuju sirkuit.
Namun kisruh di kalangan pebalap tak menyurutkan niat Dorna untuk tetap membawa MotoGP ke Thailand. Hingga akhirnya sebuah kontrak disepakati. MotoGP resmi digelar di Thailand. Dengan tajuk PTT Thailand Grand Prix, MotoGP Thailand memulai debutnya di musim 2018 dan akan berlangsung hingga 2020 mendatang. (alang)
Powered by Blogger.