BPPWS Buka Pelaksanaan Kegiatan Vocational Training

D'On, Padang (Sumbar),- Dalam rangka memelihara dan mengoptimalkan infrastruktur yang telah  dibangun melalui Program KOTAKU, Pada hari senin, tanggal 29 Agustus 2022 silam, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar (BPPWS) saat ini tengah membuka pelaksanaan kegiatan Vocational Training, hal ini merupakan upaya Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mengusung sebuah Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). 


Program ini diharapkan memberikan manfaat yang sangat besar dalam peningkatan kualitas permukiman nantinya.


Sebagai keberlanjutan program, salah satu agenda pentingnya adalah melaksanakan kegiatan Vocational Training, yaitu dengan melakukan 5 kegiatan pelatihan yang terdiri dari : 3 Pelatihan Pemanfaatan dan pemeliharaan yang diselenggarakan di Kota Padang, Padang Panjang, dan solok, 1 Pelatihan BDC Lama yang diselenggarakan di Kota Pariaman serta 1 Pelatihan Pengelolaan Persampahan yang diselenggarakan di Kota Pariaman.


Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan dan Pemeliharaan ini dirancang untuk pemerintah daerah terkait, serta unsur dari masyarakat sekitar Kawasan Batang Arau yang akan fokus pada infrastruktur yang dibangun di skala Kawasan. 


Program KOTAKU sendiri telah dimulai dari tahun 2016/2017 dan akan berakhir tahun ini Sehingga tahun ini untuk provinsi Sumatera Barat dititikberatkan pada Penyiapan pengakhiran program (exit strategy) dan keberlanjutan program (sustainability).


Adapun Infrastruktur yang telah selesai dibangun pada tahun 2021, saat ini sedang dalam proses serah terima. Dari hasil diskusi dengan pihak terkait, ada beberapa hal yang disampaikan, antara lain : Struktur organisasi Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP), Rencana Kerja KPP dan Komitmen pemerintah daerah terkait pembiayaan Pemanfaatan dan Pemeliharaan.


(*)



#BPPWS #Infrastruktur #Sumbar 

Powered by Blogger.