747 Orang Terduga TB Terjaring di Puskesmas Ambacang

D'On, Padang (Sumbar),- Sebanyak 747 orang terduga tuberkulosis (TB) terjaring di Puskesmas Ambacang, Padang. Seluruhnya terjaring sejak awal Januari hingga di bulan penjaringan TB. 


"Sudah 747 yang terjaring terduga TB," ungkap Kepala Puskesmas Ambacang, dr Weni Fitria Nazulis, M. Biomed, Minggu (4/9/2022). 

Berdasarkan data dari Puskesmas Ambacang, sebanyak 649 terduga terjaring sejak Januari lalu. Kemudian pada pekan penjaringan TB, Sabtu (3/9/2022), sebanyak 98 orang terjaring terduga TB. 

Sementara pada bulan penjaringan TB di Puskesmas Ambacang, sasaran yang dijaring yakni anak-anak. Terutama anak-anak usia sekolah. 

"Ini dilakukan sesuai dengan inovasi program TB, yaitu 'Kejar TB' dengan sasaran anak sekolah," ucap dr Weni. 

Penanggungjawab Program TB Puskesmas Ambacang, Sasrawati menuturkan, anak-anak mendominasi sebagai penderita TB. Bahkan juga ditemukan guru sekolah yang menderita TB. 

Sasrawati mengimbau, bagi terduga TBC dengan hasil positif maka akan diberikan pengobatan TBC secara gratis di puskesmas. Kemudian dilakukan pemantauan sampai benar-benar sembuh. 

"Bagi yang negatif maka akan diberikan edukasi untuk tetap menjaga kesehatan atau jika masih ada gejala dianjurkan berobat ke puskesmas," pungkasnya.

(Charlie)


#TBC #Kesehatan #Padang

Powered by Blogger.