Teror KKB, Total 16 Rumah Warga Puncak Papua Dibakar

D'On, Puncak (Papua),- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) terus menebar teror. Total 16 bangunan dan rumah di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua, menjadi sasaran pembakaran.


"Selasa 1 (rumah) dan kemarin 15 (rumah dibakar)," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Kamis (7/4).

Serangan ini terjadi sejak Selasa Selasa (5/4) dan Rabu (6/4) kemarin. Sebelum api berkobar di hunian warga, terdengar bunyi letusan di kompleks tersebut.

"Iya (pembakaran) selasa sore dan kemarin sore," singkatnya.

Tidak ada korban jiwa baik dari warga maupun aparat keamanan.

"Korban jika tidak ada. Untuk rumah satu kawasan (yang dibakar)," sebutnya.

Sebelumnya, KKB kembali menebar teror. Kali ini mereka membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (6/4). Sebanyak 8 rumah warga diduga dibakar KKB dalam aksi tersebut.

Polisi juga mengungkapkan, tak ada korban jiwa akibat serangan KKB tersebut. Aksi tersebut membuat warga ketakutan sehingga mengungsi ke Mapolres Puncak.

Wakil Kepala Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar Faizal Ramadhani di Jayapura, Rabu (6/4/2022), mengatakan, pembakaran rumah dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Numbuk Telenggen alias Ali Kogoya

"Pembakaran terjadi pukul 18.25 WIT. Polisi tiba di lokasi kejadian pukul 18.45," kata Faizal saat dikonfirmasi, Kamis (7/4).

Permukiman warga Kampung Kimak itu diketahui hanya berjarak 300 meter dari pos Makodim YR 408/Sbh yang juga dibakar KKB pada Selasa (5/4) lalu.

Belum diketahui motif dari aksi teror KKB kali ini. Namun, diduga serangan KKB itu karena tewasnya anggota mereka, Ali Kogoya (35).

Diketahui, Ali Teu Kogoya, salah satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas di tangah Satgas Operasi Damai Cartenz, di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (3/4).

"Memang benar ada penembakan yang menewaskan anggota KKB di Ilaga, Minggu (3/4)," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius Fakhiri.

(mdk/lia)

#KKB #Teroris #PembakaranRumahWargaSipil

Powered by Blogger.