Pedagang Sebut Ujang yang Diadukan ke Jokowi Adalah Penguasa Pasar Bogor, Kerap Melawan saat Ditertibkan Satpol PP

D'On, Bogor (Jabar),- Nama Ujang Sarjana (36) ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir setelah keluarganya mengadu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kurnialih (23) dan Rahman (22), keponakan Ujang menyebut paman mereka ditahan polisi karena menolak pungutan liar (pungli).


Ternyata nama Ujang cukup santer di kalangan para pedagang sebagai penguasa Pasar Bogor.

Salah satu pedagang sayur berinisial YD (36) menyebut sebagian besar pedagang blok pasar basah Pasar Bogor mengenal nama Ujang. Dikatakan, Ujang bersama keluarganya berjualan buah segar dan menempati lapak di area pasar.

YD mengatakan, nama Ujang juga makin santer setelah dalam satu tahun terakhir menolak relokasi pedagang ke dalam pasar dan selalu terlibat bentrok dengan petugas Satpol PP saat penertiban.

"Ia salah satu pedagang menolak relokasi ke dalam pasar. Selalu terlibat cekcok dengan petugas saat penertiban," kata YD ditemui di pasar, Sabtu (23/4/2022).

Pedagang lainnya, DH (40) juga mengaku kenal dengan Ujang. DH mengaku ragu kasus yang membuat Ujang masuk penjara dikarenakan pungli.

"Setahu saya berantemnya karena Komeng berjualan air minum di areanya Ujang. Biasalah pembagian wilayah, Ujang enggak suka kalau yang jualan di areanya enggak izin," kata DH.

DH mengetahui peristiwa perkelahian pada November 2021 hanya sebatas itu. Untuk itu, DH tidak menyangka peristiwa itu berujung Ujang masuk penjara.

"Orang berantem mah biasa di pasar, tetapi baru tahu kalau masuk penjara, itu kejadian sudah lama," tambah DH.

Sementara, Kasatpol PP Kota Bogor Agustian Syach menyatakan memiliki banyak bukti Ujang Sarjana sering melawan anggotanya yang sedang melakukan penertiban PKL di Pasar Baru Bogor.

Ujang, kata Agustian, merupakan preman di Pasar Baru Bogor yang sudah berada di sana sekitar 1,5 tahun dan memiliki sekitar 12 orang teman yang sering bertikai jika ada penertiban.

"Sedangkan ibu-ibu yang mengadu ke Pak Presiden, dia juru bicara atau tukang orasi saat penertiban SatPol PP di Pasar," tambah Agustian.

Sumber: BeritaSatu.com

#PasarBogor #PedagangPasarBogor #UjangSarjana

Powered by Blogger.