Irwan Basir Jelaskan Makna dari Kongsi Kematian

D'On, Padang (Sumbar),- Pada hakekatnya kongsi kematian ini dibentuk karena adanya rasa kepedulian sosial dari sekelompok masyarakat yang punya rasa senasib dan sepenanggungan. Punya kepedulian antar sesama bertetangga dan bermasyarakt, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing agar bisa membantu sesama.


Perkumpulan kongsi adalah perkumpulan sosial. Tidak mempunyai kepentingan lain selain untuk kepentingan anggotanya yang berkegiatan untuk mempererat silaturahmi dan memajukan organisasi. 

Hal ini disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Kuranji yang juga Pembina Kongsi Kematian Lakuk Kuranji saat acara buka puasa bersama. Bertempat di Lakuk Kuranji, Sabtu (23/4/2022).

"Saya selalu menekankan agar seluruh anggota kongsi untuk selalu menjaga kekompakan, meningkatkan rasa kebersamaan, karena itulah tujuan dari dibentuknya kongsi ini", ucap Irwan Basir.

Penghulu Suku Jambak Nan Batujuh ini juga berpesan agar kongsi kematian Lakuk ini jangan mudah ditumpangi oleh segelintir orang yang punya kepentingan politik praktis dan sesaat, karena itu bisa merusak tatanan organisasi kongsi ini yang selalu mementingkan kepentingan bersama dan bukan untuk satu kelompok tertentu. 

"Sering terjadi kalau kelompok organisasi sosial seperti kongsi ini sering dimasuki oleh segelintir orang untuk kepentingan mereka. Ini harus dicegah jangan sampai terjadi karena akan menimbulkan keretakkan sesama anggota. Dan itu harus dipahami oleh seluruh anggota ", tambah Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kongsi yang telah turut menjaga kekompakan dalam masyarakat dan bertetangga sehingga tercipta rasa aman dan tentram dalam masyarakat.

Hadir dalam acara berbuka itu, selain dari anggota kongsi juga dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

 (MS/Dp)


#IrwanBasir #DPDLPM #Padang #Sumbar

Powered by Blogger.