Injak Bahu Siswa Kepala Sekolah di Bali Kena Sanksi

D'On, Bali,- Sosok guru yang menginjak bahu siswa di Kabupaten Karangasem, Bali, ternyata Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Amlapura. Akibat kejadian yang sempat viral tersebut, yang bersangkutan diberi sanksi pemecatan dan diturunkan menjadi guru biasa.


"Setelah kita melakukan berbagai sudut pandang. Kita keluarkan keputusan gubernur bahwa yang bersangkutan diberhentikan sebagai kepala sekolah per hari ini. Dan menjadi guru biasa dan dipindahkan ke sekolah lain," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Rabu (13/4).

Dia menerangkan, terkait video viral itu, yang bersangkutan sudah dipanggil dan diperiksa. Hasilnya dia mengakui bahwa di dalam video itu adalah dirinya.

"Kita mengkonfirmasi dan klarifikasi apa benar yang bersangkutan adalah yang di video. Yang bersangkutan bilang betul, itu dirinya. Hal itu dilakukan memang untuk menerapkan disiplin. Tentu kita apresiasi niat baik untuk menerapkan disiplin kepada siswa. Hanya saja cara-caranya tentu ada yang mendidik sesuai dengan pembentukan karakter kepada siswa, dan tidak seperti itu caranya," imbuhnya.

Selain itu, kepala sekolah juga membenarkan memberikan hukuman kepada para siswa berupa push up bagi yang tidak mencukur rambut.

"Hukuman disiplin terhadap push up terhadap anak-anak yang katanya tidak mencukur rambutnya. Maksudnya kan baik supaya rapi, hanya saja caranya tidak benar dan itu menurut kami karakter tidak benar," ujarnya.

Boy mengingatkan bagi kepala sekolah, tenaga pendidik serta para guru untuk tetap memperhatikan cara-cara mendisiplinkan siswa.

"Memang mendidik dan mendisiplinkan bagus. Tetapi ada cara-cara yang terpelajar untuk anak-anak itu dan terdidik. Lebih mengedukasi, jangan seperti itu caranya. Jadi, saya ingatkan Bapak Gubernur tidak main-main kalau ada saja kepala sekolah atau guru yang mendisiplinkan siswanya seperti itu," ujarnya.

Seperti yang diberitakan, video berdurasi pendek membuat heboh media sosial karena memperlihatkan seorang guru yang diduga menginjak bahu seorang siswa, Selasa (12/4).

Peristiwa tersebut terjadi di salah satu sekolah SMA di Kabupaten Karangasem. Dalam video itu terlihat sejumlah siswa di hukum push up. Seorang guru yang sedang berdiri menghampiri salah satu siswa lalu menginjak bahu siswa tersebut dengan kaki kanannya.

(mdk/cob)

#KepalaSekolahInjakBahuMurid #Peristiwa

Powered by Blogger.