Breaking News

Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Dirgantaraonline.co.id,- Pemerintah telah menetapkan bahwa Ramadhan 1443 H ditetapkan pada tanggal 3 April 2022. Hal ini pun menjadi sorotan masyarakat lantaran umat muslim ada yang melaksanakan mandi sebelum puasa. Kebiasaan mandi untuk mansucikan diri termasuk dari rangkaian yang dilakukan umat muslim. Tujuan pelaksanaannya agar mampu terhindar dari hadas kecil dan hadas besar dalam menyambut bulan suci Ramadhan.


Berkaitan dengan hal tersebut, berikut doa mandi sebelum puasa beserta penjelasannya agar mudah dipahami dan dilakukan.

Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa
"Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta'alla".


Artinya: "Aku berniat mandi sunat bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala".

Membasuh kedua tangannya

Membasuh kemaluan

Berwudhu untuk shalat

Menyiram rambut dengan jari-jari yang sudah dibasahi ke pangkal rambut hingga rata.

Membasuh kepala sebanyak tiga kali

Membasuh seluruh tubuh

Membasuh kedua kaki

Tata cara mandi sebelum puasa tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim oleh Aisyah yang berkata, “"Apabila Rasulullah SAW mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk shalat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki", (HR Bukhari dan Muslim).

Pelaksanaan mandi sebelum puasa sebaiknya dilakukan saat sore hari menjelang Ramadhan. Namun bisa juga dilaksanakan pada malam hari ketika subuhnya sudah mulai sahur pertama.

Pelaksanaan mandi sebelum puasa ini tidaklah wajib, tetapi apabila dilaksanakan maka diharapkan dapat mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan dengan lebih baik, sehingga seorang muslim pun lebih siap dan gembira menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain amalan mandi sebelum puasa, terdapat pula amalan yang mulia yakni membaca Al Quran, bersedekah, puasa sunah sebelum Ramadhan.

Demikian penjelasan, tata cara, dan doa mandi wajib sebelum puasa Ramadhan. Tujuan dari mandi sebelum ramadhan adalah agar umat muslim terhindar dari hadas kecil maupun besar dan mampu mempersiapkan bulan ramadhan dengan lebih baik dan lebih siap.

(*)

#DoaMandiSebelumPuasa #Doa #Ramadan #Puasa