Surah An Nahl: Ketahui Keutamaan dan Manfaat Membacanya Secara Rutin

Dirgantaraonline.co.id,- Salah satu surah di dalam Al Quran ada yang diberi nama surah An Nahl, yang artinya adalah “lebah”. Surah An Nahl ini terdiri dari 128 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. An Nahl merupakan surat ke-16 di dalam Al Quran.


Surah An Nahl dinamakan sebagai lebah karena di dalamnya terdapat ayat seperti berikut ini : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian, makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan", (QS An Nahl ayat 68-69).

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah An Nahl

Terdapat beberapa keutamaan dan manfaat surah An Nahl, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, surah An Nahl termasuk Al-Mu’in, yaitu sebagai pengganti Zabur. Kemudian, surah ini dapat digunakan untuk wasilah atau doa agar dapat terhindar dari hutang, disembuhkan dari berbagai penyakit, dan terlepas dari berbagai kesulitan hidup. Untuk memperoleh keutamaan tersebut, kita harus membiasakan diri membaca surah An Nahl, minimal satu kali dalam satu bulan.

Hal ini sebagaimana perkataan Imam Al-Baihaqi yang menyatakan bahwa barangsiapa yang membaca surah An Nahl setiap bulannya, maka ia akan terhindar dari bahaya hutang-piutang dunia, terbebas dari berbagai musibah, seperti gila, penyakit belang, dan kusta, serta nantinya ia akan memperoleh tempat di surga yang letaknya di bagian tengah-tengah surga.

Manfaat yang ketiga, surah An Nahl sebagai wasilah agar terhindar dari kerugian tujuh puluh jenis bala. Barangsiapa yang membaca surah An Nahl di setiap bulan, maka ia akan terjaga dari kerugian di dunia dan tujuh puluh jenis bala, di mana di antara bala yang paling hina adalah gila, lepra dan kusta. Dan tempat tinggalnya adalah surga ‘Adn, yaitu surga yang berada di tengah-tengah surga lainnya (Tsawabul-A’mal: 136).

Kemudian yang keempat, tidak akan dihisab atas kenikmatan yang diterima. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah tidak akan menghisabnya atas kenikmatan yang diberi kepadanya, dan jika ia meninggal pada haru atau malam di mana ia membacanya, maka ia memperoleh pahala orang yang meninggal dengan meninggalkan wasiat baik", (Tafsirul-Burhan, Juz 4: 426).

Itulah ulasan mengenai keutamaan dan manfaat membaca surah An Nahl. Semoga bermanfaat!


(*)

Powered by Blogger.