3 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Dirgantaraonline.co.id,- Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Itu terjadi karena ibu hamil harus memerhatikan posisi tidur mereka. Apalagi janin yang tumbuh semakin besar setiap hari akan membuat ibu menjadi serba salah saat beberaring. Itu sebabnya informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sangatlah penting.

Menurut medis, ada beberapa posisi tidur yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar tidurnya terjaga. Sebelum kita bahas kira-kira posisi tidur seperti apa yang pas untuk ibu hamil, mari kita simak manfaat tidur bagi ibu hamil terlebih dahulu!

Manfaat Tidur bagi Ibu Hamil

Pada umumnya momen tidur adalah waktu istirahat bagi tubuh. Pada saat tidur tubuh melakukan pemulihan energi, serta merekonstruksi memori atau proses kognitifnya sehari hari.

Aktivitas tidur bagi ibu hamil sangatlah penting guna merelaksasi pembuluh darah. Hal ini karena selama masa mengandung aliran darah pada ibu hamil mengalami peningkatan. Pada saat ibu hamil terjaga, pembuluh darah berada di bawah tekanan. Ketika ibu hamil tidur, di saat itulah pembuluh darah memulihkan dirinya.

Selain itu, tidur juga berguna untuk menjaga imun atau sistem kekebalan tubuh ibu. Ketika imun ibu hamil dalam kondisi baik, maka tubuh dapat memproteksi diri dari berbagai penyakit sehingga kesehatan kandungan pun ikut terjaga.

Dilihat dari sisi lain, tidur juga berguna untuk membantu ibu hamil agar terhindar dari risiko diabetes gestasional atau diabetes kehamilan, kondisi kadar gula darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil.

Penting bagi ibu hamil untuk dapat tidur dengan nyenyak karena melalui tidurlah tubuh mengontrol reaksi terhadap insulin, sehingga kadar gula darah terjaga.

Kini kalian pasti bertanya-tanya, bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!


Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Hindari Telentang

Pada saat memasuki usia kehamilan trimester kedua atau bulan kelima kehamilan, ibu disarankan untuk tidak tidur dengan posisi telentang. Posisi tersebut akan mengakibatkan membesarnya tekanan pada bagian aorta dan vena cava inferior yang bisa menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk pada janin.

2. Menghadap Kiri

Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan posisi menyamping ke arah kiri sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Posisi tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah baik dari maupun kembali ke jantung. 

Selain itu, posisi menyamping ke kiri juga membuat organ hati tidak tertekan dan lambung berada pada posisi yang nyaman. Ibu pun akan terhindar dari mendengkur.

Tidur dengan tubuh menyamping ke  kiri juga dapat terhindar dari risiko pembengkakan pada bagian tungkai kaki, tangan, dan pergelangan kaki. Kondisi ini disebabkan karena organ ginjal yang menjadi lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa maupun cairan dari dalam tubuh.

3. Menggunakan Bantal

Ibu hamil disarankan tidur menggunakan bantal karena dapat membantu membuat tidur menjadi lebih nyaman. Jadi, apabila ibu mengalami sesak napas, coba taruh bantal pada bagian bawah sisi samping tubuh sehingga posisi dada menjadi lebih tinggi.

Dan jika ibu merasa nyeri pada bagian ulu hati, posisikan bantal sebagai pengganjal kepala dan punggung sehingga tubuh bagian atas menjadi lebih tinggi. Selain itu, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah setengah duduk untuk membantu menghindari naiknya asam lambung.

Demikian penjelasan mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.


(*)

Powered by Blogger.