Profil Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas yang Viral Usai Ejek Pemain Singapura

D'On, Singapura,- Profil Asnawi Mangkualam tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Asnawi jadi salah satu pemain di gelaran Piala AFF 2020 yang memperkuat Timnas Tanah Air hingga masuk babak final.


Nama Asnawi menjadi pembicaraan lantaran ia langsung mendekati pemain Singapura yang gagal mencetak gol lewat tendangan penalti. Simak berikut profil Asnawi Mangkualam.

Saat itu, Asnawi langsung memegang tangan pemain Singapura sambil mengucapkan "Thank you, thank you," lantaran gagal menjebol gawang Nadeo Argawinata. Berikut ini profil Asnawi Mangkualam selengkapnya.

Diketahui, pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (25/12/2021) di Stadion Nasional antara Timnas Indonesia melawan Timnas Singapura berakhir dengan skor 4-2 atas Timnas Indonesia.

Empat gol Timnas Indonesia diperoleh melalui gol yang dicetak oleh Ezra Walian, dan Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan gol bunuh diri dari Shawal Anuar.

Pada gelaran tersebut, Indonesia yang bermain full team menghadapi Timnas Singapura yang berjumlah 8 pemain. Pasalnya, 3 pemain Timnas Singapura diganjar kartu merah oleh wasit.

Asnawi yang berada di posisi bek kanan serta gelandang bertahan dan sekaligus kapten Timnas Indonesia saat melawan Timnas Singapura ini, merasa sangat lega dan bersyukur karena Timnas Indonesia sukses masuk babak final piala AFF 2020.

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat dengan sosoknya, simak berikut ini profil Asnawi Mangkualam yang menarik untuk diketahui.

Profil Asnawi Mangkualam

Pria yang memiliki nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar ini lahir pada 4 Oktober 1999 di Makassar. Asnawi merupakan anak dari pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Rasak. Asnawai juga mempunyai saudara bernama Nur Ikrar Bahar dan Fiqih Syali.

Sekedar informasi, ayah Asnawi adalah asisten pelatih tim PSM Makassar. Mulanya, ayahnya tidak ingin Asnawi terjun menjadi pesepakbola karena ayahnya khawatir Asnawi dianggap menjadi pemain atas bantuan dirinya.

Perjalanan Karier Asnawi Mangkualam

Asnawi mengawali kariernya sebagai pesepak bola profesional dengan mengikuti seleksi pemain Timnas U-16 yang diseleksi oleh Lestiadi dan ayahnya. Namun, ia gagal. Ia akhirnya diterima tim PSS Makassar untuk mengikuti ISC A 2016.

Asnawi pun tak patah semangat, ia membuktikan kemampuannya dengan bergabung bersama tim Persib Balikpapan. Tahun 2017, Asnawi pun direkrut PSM Makassar. Kemudian, Asnawi pun sukses melaju ke laga internasional di usianya yang masih 17 tahun.

Karena kontraknya belum juga diperpanjang di klub PSS Makassar, Asnawi kemudian memutuskan untuk bergabung dengan klub Ansan Greeners, klub kasta kedua di laga Korea Selatan.
Nah, itulah profil Asnawi Mangkualam, kapten Timnas Indonesia yang berperan atas masuknya Timnas Indonesia pada babak final di Piala AFF 2020.

#asnawimangkualam
#timnasindonesia

(*)

Powered by Blogger.