Pesakitan WADA Warnai Final Piala AFF

D'On, Singapura,- Timnas Indonesia akan bentrok dengan Thailand di final Piala AFF 2020. Ini merupakan pertandingan dua negara yang sama-sama menerima sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA).


Skuad 'Garuda' memastikan tiket ke final usai mengalahkan Singapura 4-2, Sabtu (25/12) malam WIB. Indonesia lolos dengan agregat 5-3 menyusul hasil imbang 1-1 di leg pertama, Rabu (22/12) lalu.

Sehari berselang, Minggu (26/12), Thailand juga mengamankan tiket ke final Piala AFF 2020. Setelah menang 2-0 di leg pertama, The War Elephants menahan Vietnam 0-0 pada leg kedua.

Ini merupakan pertemuan Indonesia dan Thailand yang keempat kalinya di final Piala AFF. Kedua tim tentu memasang target untuk mengangkat trofi juara.

Akan tetapi, siapa pun yang menang dalam laga nanti tidak akan bisa mengibarkan bendera negara. Hal ini menyusul hukuman WADA kepada Indonesia dan Thailand.

Jadi, Indonesia dan Thailand mendapatkan sanksi dari WADA pada awal Oktober lalu. Kedua negara dinilai tidak patuh terhadap Kode Anti-Doping Dunia.

Jika melihat pada situs web resmi AFF, Indonesia memakai gambar logo Garuda Pancasila dan tulisan "Indonesia" di atasnya. Thailand juga menggunakan logo lain.

Untuk Piala AFF 2020, tak ada ballboy yang membawa bendera dari tiap negara yang tampil. Bendera dari para kontestan akan diperlihatkan melalui layar lebar yang ada di pinggir lapangan.

Pada laga perdana saat Thailand melawan Timor Leste, 5 Desember lalu, logo Federasi Sepak Bola Thailand menghiasi layar. Hal serupa terjadi saat Indonesia melawan Kamboja pada 9 Desember lalu.

Kini, Indonesia dan Thailand bertemu di final. Dengan begitu, bendera nasional masing-masing negara dipastikan tak berkibar dalam pertandingan nanti.

Final Piala AFF 2020 antara Indonesia dan Thailand akan dihelat dalam dua leg. Leg pertama akan diselenggarakan pada Rabu (29/12) dan leg kedua bakal berlangsung pada Sabtu (1/1) mendatang.

#timnasindonesia
#pialaAFF
(*)

Powered by Blogger.