Ogah Disetarakan dengan Habib Bahar, Eggi Sudjana: Kenapa Saya Dilaporkan?

D'On, Jakarta,- Aktivis Eggi Sudjana mengaku bingung mengapa ia ikut dilaporkan oleh Husin Shihab terkait kritik yang ia lontarkan pada KSAD Jenderal Dudung Abdurachman terkait pernyataannya yang menyebut 'Tuhan bukan orang Arab'.


Eggi menegaskan bahwa ia berbicara seperti itu karena ada sebabnya yaitu pernyataan yang disampaikan oleh Jenderal Dudung.

"Saya kan ngomong begitu karena Kang Dudung ngomong duluan begitu. Kalau Kang Dudung enggak ngomong, enggak mungkin saya ngomong, adapun soal viral juga bukan ukuran hukum," kata Eggi Sudjana di Catatan Demokrasi, dikutip Rabu (22/12/ 2021).

Lebih lanjut, Eggi Sudjana tak mau jika ia disetarakan dengan Habib Bahar Bin Smith dalam laporan tersebut.

"Kenapa cuma saya yang dilaporkan dengan Habib Bahar? Walaupun di surat laporan itu saya tak sependapat dengan disetarakan dengan Habib Bahar, karena beda urusan saya dengan Habib Bahar,"ujar Eggi.

Sebelumnya Eggi Sudjana mengaku belum paham tentang alasan Husin Shihab melaporkannya.

"Saya belum paham kenapa dilaporkan. Bagian yang mana dari konteks yang saya bicarakan. Kalau dalam istilah hukum, locus, deliknya apa, di mana saya bicara? Kenapa dilaporkan gitu," kata Eggi.

Eggi lantas menyinggung legal standing Husin yang melaporkannya. Menurutnya, hal itu harus jelas. Apalagi, kata dia, ada surat edaran Kapolri soal dilakukan pendekatan edukatif atau restorative justice. 

"Sehingga dipertanyakan, apa motivasi membuat laporan itu. Apakah justru ini yang mendatangkan kegaduhan?  Karena setelah saya ngomong itu nggak ada masyarakat yang gaduh, biasa-biasa aja," sebut Eggi.

Eggi bahkan menyebut jika Jenderal Dudung adalah saudaranya bukan musuh atau lawan.

"Karena yang saya juga mendengar dan membaca, melihat apa yang disampaikan saudaraku. Jangan lupa Dudung itu saudaraku, bukan musuh, bukan apa,"ujarnya.

(Suara)

Powered by Blogger.