Breaking News

Kronologi Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Wafat di Hotel Jakarta

D'On, Jakarta,- Mantan Bupati Yahukimo, Abock Busup, ditemukan tewas di sebuah hotel di Jakarta pada Minggu (2/10/2021) pukul 08.00 WIB.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan, berdasarkan hasil penyidikan tidak didapati adanya tanda-tanda kekerasan. 

"Dari keterangan dari para saksi ini, tidak ditemukan kekerasan pada tubuh korban. Tidak ditemukan benda-benda lain, tidak ditemukan obat-obat pada sekitar jenazah," ujar Rusdi di Mabes Polri, Senin (4/9/2021).

Lalu bagaimana kronologi meninggalnya Abock Busup di Hotel Jakarta?


1. Abock tidak merespons saat petugas hotel mengetuk pintu kamar

Rusdi menjelaskan, sebelum ditemukan tak bernyawa, petugas hotel sempat mengetuk pintu kamar 1707 yang merupakan tempat dari Abock Busup. Saat mengetuk pintu, petugas tak mendapatkan jawaban. 

"Sehingga yang bersangkutan mengontak temannya saudara Ridwan yang melaporkan bahwa tidak ada respons dari kamar 1707," kata Rusdi.

2. Abock ditemukan sudah tidak bernyawa dan langsung dilarikan ke RS Melia

Setelah itu, petugas hotel tadi memberi kabar pada rekan korban yang berada di kamar nomor 1725. Alhasil, kamar itu dibuka dengan cara manual. Ketika masuk ke dalam, ditemukan Abock Busup telah meninggal dunia.

Jasad korban pun langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Melia, Cibubur, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, polisi baru menerima informasi tewasnya Abock pada pukul 15.00 WIB. 

Berdasarkan keterangan dokter yang menangani atau menerima jenazah di RS Melia, diketahui bahwa korban sudah meninggal dunia saat tiba di rumah sakit.

3. Pihak keluarga menolak autopsi

Pihak keluarga dalam hal ini adik Abock Busup menyatakan bahwa pihak keluarga tidak berkenan untuk melakukan autopsi. Menurut Rusdi, pihak keluarga sudah menerima kematian Abock Busup. 

"Kami berhasil berkoordinasi dengan adik korban atas nama Sinod Busup. dari keterangan saudara Sinud, menjelaskan kepada aparat kepolisian bahwa tidak perlu dilakukan autopsi kepada korban," ucap Rusdi. 

Rusdi mengimbau kepada masyarakat Yahukimo untuk tidak terpancing dengan provokasi ataupun hoaks yang beredar dari penyebab kematian Abock Busup. 

"Masyarakat Yahukimo tidak terprovokasi dengan isu tak benar. Polda Papua sedang tangani dan terus koordinasi dengan Polda Metro Jaya," kata Rusdi.


(IDN)