Beda Jazakallah, Jazakillah, Jazakumullah & Kepada Siapa Ditujukan?

Dirgantaraonline.co.id,- Seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang berbuat baik kepadanya. 

Ungkapan terima kasih terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah ucapan "Jazakallah khairan". 


Sikap berterima kasih kepada manusia ini merupakan bagian dari rasa syukur kepada Allah SWT, sebagaimana tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: 

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia,” (H.R. Tirmidzi dan Abu Daud). 

Ucapan yang lazim kita dengar adalah "Terima kasih", "Thanks", "Matur Suwun", dan sebagainya adalah pernyataan mulia.

Kendati demikian, Nabi Muhammad memberikan teladan ucapan terima kasih terbaik yang lain, yaitu "Jazakallah khairan". 

Alasan "Jazakallah" adalah ungkapan terima kasih paling agung karena ia bersandar langsung pada Allah SWT. 

Berbeda halnya dengan ungkapan terima kasih lainnya yang hanya merupakan ungkapan syukur secara umum. 

Dalam bahasa Arab, "Jazakallah khairan" (جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا) artinya semoga Allah membalas dirimu dengan kebaikan. Kebaikan dari Allah adalah ganjaran pahala tertinggi dalam Islam. 

Hukum mengucapkan "Jazakallah khairan" ini adalah sunah atau dianjurkan pengerjaannya, sebagaimana teladan dari Nabi Muhammad SAW. 

“Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain, kemudian ia berkata kepadanya 'Jazakallah khairan', maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya,” (H.R. Tirmidzi) 

Cara Mengucapkan "Jazakallah Khairan", serta bedanya dengan "Jazakillah Khairan" dan "Jazakumullah Khairan"

Pernyataan "Jazakallah khairan" terbagi menjadi tiga, yaitu "Jazakallah", "Jazakillah khairan", dan "Jazakumullah khairan"

Ketiganya diucapkan dalam kesempatan berbeda-beda. Penjelasannya adalah sebagai berikut. 

Pertama, ungkapan "Jazakallah khairan" (جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا) diucapkan kepada orang yang berbuat baik pada kita, terutama jika ia berjenis kelamin laki-laki dan hanya satu orang. 

Ungkapan "Jazakallah khairan" merupakan bentuk singular atau bentuk tunggal pada orang berjenis kelamin laki-laki. 

Kedua, apabila yang berbuat baik kepada kita berjenis kelamin perempuan, ungkapan yang disampaikan kepadanya adalah "Jazakillah khairan" (جزاك الله خيرا). 

Ungkapan "Jazakillah khairan" ini merupakan bentuk tunggal atau singular yang ditujukan kepada orang berjenis kelamin perempuan. 

Ketiga, apabila ingin mengucapkan syukur dan terima kasih kepada lebih dari dua orang, baik itu laki-laki atau perempuan, ucapannya adalah "Jazakumullah khairan" (جزكم الله خيرا). 

Ungkapan "Jazakumullah khairan" ini merupakan pernyataan jamak, ditujukan kepada sekelompok orang yang berbuat baik kepada individu bersangkutan. 

Variasi lain untuk mengucapkan "Jazakallah" adalah dengan menambahkan kata "Katsiran". Cara mengucapkannya adalah dengan menyatakan "Jazakallah khairan katsiran" yang artinya adalah "Semoga Allah membalasmu dengan banyak kebaikan".

(Abu Khalil)

Powered by Blogger.