Tuntut Kesetaran, Perempuan Afghanistan Demo di Depan Taliban

D'On, Afghanistan,- Dikuasainya Afghanistan oleh Taliban terus mendapat reaksi dari masyarakat. Kini, sejumlah perempuan Afghanistan menggelar aksi demonstrasi di dekat Istana Kepresidenan di Kabul pada Jumat (3/9/2021) untuk menuntut kesetaraan.

Associated Press melaporkan bahwa sekitar 20 orang perempuan itu berkumpul di dekat Istana Kepresidenan sembari mengacungkan kertas bertuliskan pesan yang menuntut kesetaraan bagi kaum hawa.

Mereka menuntut agar perempuan diberikan akses pendidikan, hak untuk bekerja, dan peran di dalam pemerintahan di bawah kekuasaan Taliban.

"Kebebasan adalah moto kami. Kebebasan membuat kami bangga," demikian tulisan di salah satu kertas yang dibawa demonstran melansir CNN.

Sementara para perempuan berdemo, anggota Taliban terus mengawasi. Satu waktu, satu anggota Taliban mendekati para demonstran. Namun, seorang saksi mata mengatakan bahwa anggota itu hanya memarahi rekannya yang lengah saat berjaga.

Setelah mengambil alih kekuasaan pada 15 Agustus lalu, Taliban memang berjanji akan memberikan hak penuh bagi perempuan, termasuk untuk bersekolah dan bekerja. Mereka bahkan mengajak perempuan untuk ikut serta dalam pemerintahan.

Namun, banyak pihak masih meragukan janji Taliban itu karena kelompok itu melarang perempuan sekolah dan bekerja ketika mereka pertama kali berkuasa di Afghanistan pada 1996-2001 silam.


(AP/LJC)

Powered by Blogger.