Diisukan Meninggal, Muncul Video Pentolan Al-Qaeda soal 9/11

D'On, Amerika Serikat,- Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahri muncul dalam sebuah video baru yang menandai peringatan 20 tahun serangan 11 September 2001 atau 9/11. Video tersebut muncul beberapa bulan setelah rumor kematiannya beredar.

Kelompok Intelijen SITE yang memantau situs-situs jihad mengatakan video itu dirilis pada Sabtu (11/9). Di sana, al-Zawahri mengatakan bahwa Yerusalem tidak akan pernah 'diyahudikan'.


Ia juga memuji serangan Al-Qaeda, termasuk penyerangan terhadap pasukan Rusia di Suriah pada Januari lalu.

SITE mengatakan al-Zawahri juga mencatat penarikan militer AS dari Afghanistan setelah 20 tahun perang. Kendati begitu, SITE menambahkan bahwa rekaman bisa saja tidak lagi baru mengingat perjanjian penarikan militer AS dengan Taliban ditandatangani pada Februari 2020.

Dalam video tersebut, Al-Zawahri tidak menyebutkan pengambilalihan Taliban atas Afghanistan dan ibu kota Kabul bulan lalu. Tapi Al-Zawahri menyebutkan serangan 1 Januari yang menargetkan pasukan Rusia di tepi kota Raqqa, Suriah utara.

Desas-desus telah menyebar sejak akhir 2020 bahwa al-Zawahri telah meninggal karena sakit. Sejak itu, tidak ada video atau bukti kehidupan yang muncul hingga peringatan 9/11 tahun ini.

"Dia bisa saja memang sudah meninggal, meskipun jika demikian, kematiannya mungkin terjadi pada atau sekitar Januari 2021," cuit Direktur SITE Rita Katz seperti dikutip dari AP, Minggu (12/9).

Pidato Al-Zawahri direkam dalam video berdurasi 61 menit 37 detik yang diproduksi oleh Yayasan Media as-Sahab milik kelompok tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Al-Qaeda menghadapi persaingan di lingkaran jihad dari saingannya, ISIS.

ISIS menjadi terkenal dengan merebut sebagian besar Irak dan Suriah pada 2014 dan mendeklarasikan kekhalifahan serta memperluas afiliasi ke beberapa negara di seluruh kawasan.

Kekhalifahan fisik ISIS berakhir di Irak dan Suriah, meskipun militannya masih aktif dan melakukan serangan. Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin bayangan ISIS dibunuh oleh pasukan khusus AS dalam serangan di barat laut Suriah pada Oktober 2019.

Sedangkan Al-Zawahri merupakan pemimpin Al-Qaeda setelah Osama bin Laden terbunuh pada 2011 di Abbottabad, Pakistan oleh US Navy SEAL.


(*/AP)

Powered by Blogger.