Bacaan Doa Niat Wudhu dan Keutamaan Membacanya

D'On, Jakarta,- Ada banyak ibadah yang salah satu syarat sahnya harus melakukan wudhu terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan bahwa wudhu merupakan suatu ibadah yang perlu dilakukan oleh seorang muslim jika ingin ibadah yang dilakukannya bisa diterima oleh Allah SWT. Dalam melaksanakan wudhu, maka perlu membaca bacaan doa niat wudhu yang benar.

Berwudhu tidak hanya sekadar aktivitas membahasi beberapa anggota tubuh. Namun, aktivitas ini juga dapat memberikan berkah bagi setiap muslim yang melaksanakannya. Hal ini tidak dipungkiri lantaran keutamaan wudhu sangat besar, apalagi jika diiringi dengan niat yang tulus dan ikhlas.


Keutamaan Membaca Doa Wudhu Saat Berwudhu

Ada banyak keutamaan yang dapat dirasakan oleh seorang muslim jika melakukan wudhu dan membaca doanya. Beberapa keutamaan tersebut yaitu sebagai berikut:

• Menyucikan diri dan jiwa

• Melunturkan dosa yang diperbuat oleh anggota tubuh

• Menghilangkan kesusahan dan masalah duniawi

• Dijaga oleh malaikat

• Mendapatkan rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT

Bacaan Doa Niat Wudhu

Mengutip buku Kitab Lengkap Shalat, Shalawat, Zikir, dan Doa (2017), berikut adalah doa niat wudhu dan artinya yang dapat dibaca oleh umat muslim:

Nawaitul wudhu’a liraf’il hadatsil ashghari fardhal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil karena Allah ta’ala.”

Doa Setelah Wudhu

Setelah selesai wudhu, jangan langsung pergi karena ada doa yang sebaiknya dibaca. Adapun doa setelah wudhu yaitu sebagai berikut:

Asyhadu allah ilaaha ilaa Allah wa asyhadu anna muhamma dan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni minattawwabiin waj’alnii minal mutathahhirin waj’alni min ‘ibadikashshaalihiin.

Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah dan tiada sekutu bagianya, saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Jadikanlah aku bagian dari golongan orang-orang yang suci dan jadikan aku golongan hamba-Mu yang sholeh.”

Begitu besar keutamaan yang didapat jika kita mengamalkan doa niat wudhu. Apalagi jika mampu memahami makna yang terkandung dalam bacaan doa tersebut, maka hikmah yang didapat akan semakin berlimpah.


(dinda)


Powered by Blogger.