Breaking News

Anggota DPR Minta Kemenaker Terbuka: Pekerjaan Apa Sih yang Butuhkan TKA China?

D'On, Jakarta,- Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta agar Kementerian Ketenagakerjaan untuk terbuka terkait tenaga kerja asing (TKA) dari China yang hadir ke Indonesia. Dia pun menyayangkan pemerintah memberikan izin masuknya mereka masuk untuk bekerja sementara di dalam negeri sendiri ada banyak PHK dan pekerja yang dirumahkan.

"Mengapa pekerjaan yang tersedia tidak diprioritaskan bagi WNI? Apa sih jenis pekerjaan yang mesti membutuhkan TKA China? Kementerian tenaga kerja perlu terbuka terkait masalah ini," katanya dalam pesan singkat, Senin (17/5).

Dia pun tidak peduli dengan alasan kementerian perhubungan terkait kedatangan TKA China ini dinilai tidak tepat. Persoalannya tersebut kata dia bukanlah jenis pesawat yang mereka pakai.

"Masyarakat berharap agar kedatangan TKA asal China ini dihentikan terlebih dahulu. Jika nanti pandemi ini telah berlalu, baru dipikirkan lagi. Adapun pekerjaan yang mungkin perlu dilanjutkan, bisa saja diberikan kepada pekerja lokal. Saya yakin, pekerja WNI bisa mengerjakannya," ungkapnya.

Semakin Ditolak Semakin Banyak Datang

Dia pun menyayangkan protes dan penolakan masyarakat seakan tidak didengar oleh pemerintah. Semakin ditolak, malah semakin banyak yang datang. Bahkan, sekali penerbangan bisa membawa ratusan rombongan.

"Menurut saya, perlu dikalkulasi untung rugi menggunakan TKA ini di Indonesia. Sebab, sejauh ini, saya belum pernah mendengar bahwa kedatangan mereka meningkatkan pemasukan negara. Setidaknya, saya belum pernah membaca laporan bahwa mereka berkontribusi dalam meningkatkan APBN," bebernya.

"Kalau kontribusinya tidak signifikan, ya dihentikan saja dulu sementara. Ini demi keamanan warga masyarakat. Apalagi, belakangan ini peningkatan jumlah yang terpapar covid-19 semakin tinggi," tambahnya.


(mdk/eko)