HUT ke 57 Permasyarakatan 2 Rutan dan 3 Lapas Mendapat Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

D'On, Padang (Sumbar),- Memperingati hari jadi Permasyarakatan ke 57 Tahun Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat melaksanakan tasyakuran sekaligus memberikan penghargaan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berprestasi di Wilayah Sumatera Barat pada Selasa (27/4/2021) di Rutan Anak Air.

Disampaikan Kakanwil Hukum dan HAM Sumatera Barat, R Andika Dwi Prasetya ada 8 kategori prestasi yang dicapai oleh Lembaga Permasyarakatan di Sumbar. 

"Sumbar menoreh prestasi nasional melalui Lapas Terbuka Pasaman yang mana prestasinya dinilai oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Permasyarakatan sebagai Lapas pembina terbaik nomor Satu tingkat nasional, sedangkan Lapas Suliki Terbaik Nasional kedua untuk pengolahan bahan makanan," ucap R Andika Dwi Prasetya.

Ditambahkan Andika ini merupakan berkah prestasi yang luar biasa tentunya. Selain itu Lapas Alahan Panjang juga mendapatkan prestasi kegiatan harian terbaik.

"Tentunya kegiatan positif ini sangatlah penting demi melihat kondisi WBP di Lapas yang dipimpin Darwan, SH.MH," tukasnya menambahkan.


Andika juga mengatakan ditengah pandemi yang melanda setiap insan permasyarakatan diminta untuk konsentrasi lebih dalam upaya memutus mata rantai covid di Lapas masing-masing.

Kakanwil juga mengharapkan kepada insan permasyarakatan bukan hanya mempertahankan prestasi saja, namun setiap insan permasyarakatan wajib memaknai tema "Akselerasi Adaptasi, Permasyarakatan Pasti Maju," ini artinya setiap jajaran wajib memberikan kinerja terbaik sehingga Lembaga Permasyarakatan makin maju sebagai konsep terhadap pelanggar hukum yang makin humanis dengan sistim penyelenggaran keamanan yang makin baik dan juga penanganan klien oleh Bapas maupun tugas kesehatan dan juga perawatan barang sitaan barang negara terimplementasikan lebih baik tentunya didalamnya juga pelayanan terhadap masyarakat, pungkas Kakanwil.


Hal senada juga diutarakan Darwan SH.MH, Kalapas Kelas III Alahan Panjang, prestasi ini merupakan keberhasilan bersama insan Lembaga Permasyarakatan, yang mana Lembaga Permasyarakatan harus lebih humanis dalam pelayanan terhadap WBP maupun masyarakat, ucapnya pada dirgantaraonline.co.id.

Bukan hanya lembaga permasyarakatan yang mendapatkan penghargaan ini, Pemerintah Kota Padang Panjang juga mendapatkan penghargaan dengan kategori "Dukungan Terhadap Kegiatan Pembinaan Kepribadian dan Perawatan  pada Rutan Kelas IIB Padang Panjang".

Berikut penerima piagam penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

1. Rutan Kelas IIB Padang Panjang Kategori UPT Kebersihan Lingkungan Terbaik Tahun 2021.

2.  Lapas Kelas IIA Padang Kategori UPT Pemberitaan Terbaik Tahun 2021.

3. Lapas Kelas III Alahan Panjang Kategori UPT Sms Gateway dan Kegiatan Harian Terbaik Tahun 2021.

4. Rutan Kelas IIB Lubuk Sikaping kategori UPT Penggeledahan Terbaik Tahun 2021.

5. Lapas Kelas III Suliki Kategori UPT Penyelenggara bahan makanan terbaik bagi WBP Tahun 2021.

6. Walikota Padang Panjang untuk kategori Dukungan Terhadap Kegiatan Pembinaan kepribadian dan Perawatan pada Rutan Kelas IIB Padang Panjang.

Selain itu petugas yang berhasil menggagalkan penyeludupan narkoba pun diganjar penghargaan

Berikut nama-namanya

1. Armeidi Petugas Lapas Kelas IIB Pariaman

2. Yuddi Amanda Petugas Lapas Kelas IIB Pariaman 

3. Alberto Wistian Petugas Rutan Kelas IIB Padang

4. Effendi Andika Petugas Lapas Kelas IIB Solok.


(mond)

No comments

Powered by Blogger.