Prabowo-Anies Digadang Jadi Capres Partai Ummat Amien Rais

D'On, Yogyakarta,- Partai Ummat besutan Amien Rais bakal mendukung dua sosok sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal ini disampaikan Penanggungjawab Partai Ummat Daerah Istimewa Yogyakarta Nazarudin. “Bisa Anies, bisa Prabowo,” kata mantan Ketua PAN DIY ini di Kota Yogyakarta, Minggu (21/3), soal dukungan capres Partai Ummat.

Menurut dia, Prabowo masih dekat dengan Amien saat para pendukungnya di pilpres 2019 meninggalkannya. Apalagi usai Prabowo masuk ke kabinet Presiden Joko Widodo, rivalnya di dua pilpres.

“Satu-satunya orang yang masih berkomunikasi dengan baik ke Prabowo itu Pak Amien. Kelompok Islam lain sudah enggak mau karena kecewa,” ujar Nazarudin yang dekat dengan Amien.

Hingga kini, kata Nazarudin, Amien dan Prabowo masih kerap berbincang soal politik dan hal pribadi. “Misalnya perubahan geopolitik setelah kelelahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pengaruhnya,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyebut soal kunjungannya ke AS di ujung pemerintahan Trump yang diterima secara baik. Trump berseberangan dengan Cina, sedangkan pemerintahan Jokowi dinilai terlalu dekat dengan Cina.

Menurut Nazarudin, sambutan itu jadi sinyal dukungan Trump ke Prabowo. “Tapi enggak tahu sekarang setelah Biden jadi Presiden AS,” katanya.

Adapun Anies bakal mendapat dukungan dari basis massa Partai Ummat. “Aspirasi kelompok Islam modernis ke Anies. Ini sesuai sasaran segmen Partai Ummat,” kata Nazarudin.

Meski belum bisa mengusulkan capres sendiri, Partai Ummat akan akan mendukung dua sosok itu jika muncul sebagai capres.

Nazarudin yakin Partai Ummat akan lolos ambang batas parlemen atau parliamentary treeshold (PT) 4 persen jika tak berubah. "Kami akan deklarasi 17 Ramadan dari Yogyakarta dan setelah itu mendaftar ke Kementerian Hukum dan HAM. Target kami tak muluk-muluk, lolos PT,” tuturnya.

 
(Gatra)


No comments

Powered by Blogger.