Doa Selamat Dunia Akhirat ‘Sapu Jagat’: Ayat dan Terjemahan

Dirgantaraonline.co.id,- Siapa yang tak ingin selamat dunia akhirat? Supaya terhindar agar terhindar dari hal-hal buruk di dunia dan akhirat, ada beberapa bacaan doa yang bisa diamalkan sehari-hari.

Doa ini akan membawa kita berserah dan memohon kepada Allah untuk diberikan keselamatan. Dilansir Suara, berikut doa selamat dunia akhirat yang bisa dibaca.

Dibaca setelah salat wajib

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut.
Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.”

Artinya:

“Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.

Ya Allah mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa pendek

Sesuai hadist shahih yang diriwayatkan Imam Muslim.

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm.”

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Agar selamat dari siksa neraka (Doa sapu jagat)

“Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hatsanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.”

Artinya:

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

Doa selamat Nabi Luth

“Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun.”

Artinya:

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

Doa selamat dunia akhirat ini bisa dibaca kapan saja dan di mana saja. Tetapi ada waktu-waktu istimewa untuk membacanya, yaitu waktu-waktu dikabulkannya doa seperti:

Setelah Adzan, setelah salat wajib, setelah salat malam (salat hajat dan tahajud), malam Lailatul Qodar, malam ke-23 bulan Ramadan.
Itulah doa selamat dunia akhirat yang bisa diamalkan sehari-hari.


(Abu Khalil)

Powered by Blogger.