Siang Ini Komis III DPR RI Rapat Bahas Pengganti Kapolri Idham Aziz

D'On, Jakarta,-Komisi III DPR RI hari ini, Rabu (13/1/2021) akan menggelar rapat pimpinan terkait dengan pembahasan pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. Rapat tersebut merupakan perdana setelah selesai melakukan reses akhir tahun 2020-2021.

Rapat pimpinan itu dijadwalkan pada pukul 12:00 dan akan disiarkan melalui akun YouTube Parlemen dan diikuti semua pimpinan DPR RI dengan tema “Membahas Mekanisme Uji Kelayakan Calon Kapolri”

“Rapat Pimpinan dengan para Kapoksi dengan Komisi III DPR, Membahas Mekanisme Uji Kelayakan Calon Kapolri,” demikian yang tertulis dalam agenda acara DPR RI yang diterima Wartawan di Jakarta.

Seperti diketahui, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah menyerahkan lima nama calon kapolri pengganti Idham Azis.

Mereka adalah perwira tinggi bintang tiga, yaitu Gatot Edy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, dan Agus Andrianto.

Dari lima nama yang diusulkan, orang nomor satu di Indonesia, ia akan memilih satu nama kandidat. Nama calon Kapolri itu nantinya akan dikirim ke DPR melalui Surat Presiden (Surpres).

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengingatkan Presiden Jokowi untuk tidak memilih calon Kapolri dengan kedekatan personal.

Sebab, paling terpenting dalam penunjukkan pengganti Kapolri Idham Azis nanti adalah mampu menangani semua permasalahan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketum MUI DR Anwar Abbas kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/1/2021).

“Presiden hendaknya kalau akan mencalonkan dan menunjuk seseorang menjadi Kapolri pertimbangannya tidak cukup hanya didasarkan kepada kedekatan, loyalitas, profesionalitas saja tapi harus lebih luas dari itu yaitu mana yang lebih besar maslahat dan manfaatnya bagi bangsa dan negara,” jelasnya.


(muf/pojoksatu)


No comments

Powered by Blogger.