Mahfud MD Pastikan Nama Calon Kapolri yang Beredar Masih Spekulasi

D'On, Jakarta,- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memastikan, nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang beredar hanyalah suatu isu kategori spekulasi atau lempar bola.

"Sebagai Ketua Kompolnas, saya pastikan bahwa semua nama yang beredar itu masih spekulasi, lempar-lempar bola," kata Mahfud MD saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Mahfud yang juga Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, rekomendasi final soal siapa saja sosok yang dianggap mumpuni mengisi kursi Kapolri, akan diserahkan secara langsung Kompolnas ke Presiden Jokowi.

"Semua nama yang beredar adalah spekulasi. Finalnya diputuskan oleh Kompolnas, untuk diserahkan kepada Presiden, kemudian Presiden meminta pertimbangan ke DPR," ujar Mahfud.

Di sisi lain, Mahfud mengungkapkan, kemungkinan untuk proses pengajuan nama calon Kapolri dari Presiden Jokowi ke DPR akan dilakukan pada 11 Januari 2021 mendatang.

"Dari Presiden ke DPR mungkin tanggal 11 Januari 2021 sudah diserahkan. Tapi dari Kompolnas atau ke Kompolnas kan kapan-kapan, bisa besok, bisa tanggal 10, bisa tanggal 11 Januari pagi," ucap Mahfud.

Sekadar diketahui, isu pergantian Kapolri terus menghangat sampai saat ini. Banyak informasi-informasi yang mengklaim bahwa Presiden telah mengantongi satu nama.

Padahal faktanya, sampai saat ini pihak Istana belum mengkonfirmasi hal tersebut. Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada medio akhir Januari 2021.

(saz)

Powered by Blogger.