Wakapolri: Siapapun yang Ikut Benny Wenda Pisah dari NKRI akan Ditindak!

D'On, Jakarta,- Polri memastikan akan menindak tegas siapa pun, baik itu individu maupun kelompok yang mengikuti jejak Pimpinan The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang hendak memisahkan diri dari Indonesia. Diketahui, Benny Wenda mendeklarasikan pembentukan pemerintahan sementara Papua Barat. 

Hal itu disampaikan oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat memberikan pernyataan sikap pemerintah bersama Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020).


"Menyikapi deklarasi Benny Wenda melalui Twitter saya ingin menyampaikan siapa pun, kelompok manapun yang mengikuti daripada Benny Wenda yakni memisahkan NKRI kita akan melakukan tindakan tegas, siapa pun dia, kelompok apapun dia, kita tidak pandang bulu," ucapnya.


Setidaknya ada dua alasan mengapa pihaknya akan melakukan tindakan tegas. Pertama, sebagai tindakan nyata dan bukti bahwasanya Papua adalah bagian penting dari Indonesia dan kedua menunjukkan bahwa Indonesia negara hukum.


"Kita akan menunjukkan bahwa negara kita adalah negara hukum dan Papua adalah Indonesia," ucapnya.


Pihaknya memastikan, menjaga keutuhan NKRI dan menangkal segala gangfuan yang ada di Indonesia menjadi tugas gabungan dari TNI-Polri. Oleh karena itu, keberadaan aparat keamanan di Papua semata-mata untuk menjaga Papua agar tidak terlepas dari NKRI.


"Berbicara keamanan. Papua itu wilayah NKRI, setiap terjadi gangguan keamanan itu kewajiban dari Polri dan TNI untuk menjaganya dan tidak boleh terpisahkan dari NKRI, itu ya kita pegang itu," ujarnya.


(Ari)


Powered by Blogger.