Viral Video WNI Usir Pendemo di Australia


D'On, Australia,- 
Sebuah video yang menggambarkan aksi unjuk rasa dilakukan Veronica Koman dan sejumlah orang di Sydney, Australia, viral di jejaring media sosial maupun aplikasi percakapan. Dalam video itu memperlihatkan seorang pria yang memprotes aksi unjuk rasa.

Sempat beredar informasi bahwa video tersebut terkait aksi unjuk rasa mendukung kemerdekaan Papua. Tim merdeka.com menelusuri fakta dari aksi unjuk rasa tersebut.

Juru Bicara KBRI Canberra, Billy Wibisono menjelaskan, video tersebut terjadi pada 9 Oktober 2020. Para pengunjuk rasa melakukan aksi demo terkait pengesahan UU Cipta Kerja atau Omnibus law. Bukan terkait kemerdekaan Papua.

"Itu video lama, tanggal 9 Oktober, demo soal omnibus law di depan KJRI Sydney, Australia," kata Billy kepada merdeka.com, Jumat (4/12).

Billy mengamini dalam aksi tersebut ada seorang warga Indonesia yang memprotes pendemo.

"Kalau dilihat dari video ada orang Indonesia yang mau mengusir demo bule-bule termasuk Veronica Koman," tutur Billy.

Dihubungi terpisah, Veronica Koman pun menepis kabar bahwa video tersebut terkait aksi untuk kemerdekaan Papua.

"Tidak benar, itu hoaks," kata Veronica.

Dilansir dari Merdeka.com ditemukan juga gambar yang diunggah Veronica Koman di akun twitter miliknya pada 9 Oktober 2020. Dalam unggahan tersebut memperlihatkan aksi unjuk rasa menolak omnibus law. Peserta aksi menggunakan baju yang sama seperti video yang beredar.


(mdk/noe)

No comments

Powered by Blogger.