Usai Tukang Bakso, Kini Viral Penjual Siomay Ludahi Dagangannya Agar Laris

D'On, Jakarta,- Sebuah video yang memperlihatkan kelakuan seorang pedagang viral di media sosial. Penjual siomay ini melakukan aksi tak terpuji pada makanan jualannya. Dia dengan sengaja meludahi dagangannya agar laris.

Tak hanya di bumbunya saja, namun juga di siomay yang tengah di kukus. Sontak aksi tersebut mampu membuat masyarakat murka. Apalagi tindakan tersebut tentu saja merugikan pedagang siomay lainnya yang jujur.

Penasaran dengan aksi tak terpuji penjual siomay yang tengah viral? Melansir dari akun Instagram ndorobeii, Kamis (17/12/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Meludah di Bumbu Siomay

Kejadian tak terpuji tersebut terekam oleh kamera pengawas CCTV milik salah satu warga di area itu. Awalnya tidak ada yang mencurigakan dari penjual siomay tersebut. Layaknya penjual pada umumnya, dia membereskan gerobaknya dan peralatan jualannya.


Namun kecurigaan mulai dirasa saat penjual ini terus-terusan melihat ke sekeliling. Gelagatnya itu tampak seperti tengah mengawasi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Siapa sangka saat dirasa sudah sepi, penjual siomay tersebut membuka wadah bumbu dan langsung meludahinya. Seusai meludahi, bumbu tersebut terlihat di aduk kembali hingga rata.

Meludah di Siomay

Belum berhenti di situ, si penjual siomay ini kembali mengawasi sekelilingnya. Dia menengok ke kanan dan kiri untuk memastikan kondisinya telah aman atau belum. Agar tidak terlalu mencurigakan, dia seolah-olah tengah membersihkan peralatan jualannya. Khususnya tutup wadah bumbu dan siomay.

Tak berselang lama, sang penjual kembali melakukan aksi tak terpuji. Setelah di rasa aman, dia membuka wadah kukusan siomay dan kembali meludah di sana. Setelahnya, tutup kukusan langsung ditutup begitu saja.

Reaksi Netizen

Video yang tengah viral ini tentu mendapat kecaman dari masyarakat Indonesia. Publik tak menyangka jika masih ada saja kelakuan tak terpuji dari para pedagang agar usahanya laris manis. Tak sedikit pula yang merasa kasihan dengan penjual jujur lainnya atas kejadian seperti itu.

"Sebel banget ma orang kayak gini. Habis viral biar deh enggak laku jualannya. Salah sendiri. enggak bisa dikasih hati kalau kayak gini mah," tulis akun henny.nh.

"Duh. Ya Allah. Jadi takut kalau mau beli". Tapi, kasian sama penjual jujur gara" oknum kayak gini😔," tulis akun wellkasadeng.

"gw kira selama ini cuma mitos😔," tulis akun priomilano13.

"Duh ada2 aja yah, gara2 satu orang yang begini ngeframe nya bisa ke pedagang lain, dan bakal jadi boomerang pedagang itu sendiri kalau dagangannya sepi, duuhh manusia2, ko di kasih akal pikiran gak dipake! 😔, kasin yang lain jualan jujur kena imbas nya," tulis akun a.yudiartha.

Tukang Bakso Ludahi Mangkuk

Sebelumnya juga sudah ada penjual yang melakukan aksi tak terpuji pada dagangannya. Seorang tukang bakso pikul keliling terekam oleh kamera CCTV tengah meludahi mangkuk dagangannya. Kejadian ini berawal dari seorang ibu warga Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat sengaja membeli dari tukang bakso pikul keliling. 

Dia terketuk untuk sekedar membantu dengan membeli dagangan. Ibu yang tak disebutkan namanya itu membeli dengan mangkuk miliknya sendiri. Tukang bakso itu menunggu tepat di depan kediamannya.

Merasa Curiga

Sang ibu lantas merasa curiga dengan gerak gerik sang penjual bakso pikul. Saat dia mengajak tukang bakso berbicara, bapaknya seolah tengah menuangkan minyak dari botol dan membuka panci berisikan baksonya.

Korban semakin curiga dengan keanehan sikap yang ditunjukkan. Lalu dia melihat rekaman dari kamera CCTV pada Senin (22/6) sore. Siapa sangka, mangkuk warna putih miliknya ternyata telah diludahi oleh sang pedagang.

Nampak jelas usai si ibu masuk ke dalam rumah, gelagat bapak tukang bakso pikul meludahi dan melanjutkan racikannya dengan cukup lama. "Tapi iki sing diludahi mangkok e," tegas ibu itu.

(mdk/tan)

No comments

Powered by Blogger.