FIFA Resmi Undur Piala Dunia U-20 Dari 2021 ke Tahun 2023

D'On, Zurich (Swiss),- Federasi Sepakbola Dunia ( FIFA) resmi mengumumkan penyelenggaraan Piala Dunia U20 2021 di Indonesia diundur.

Pengumuman tersebut terbit di laman resmi FIFA pada Kamis (24/12/2020) malam WIB.

Sebagai gantinya, FIFA akan menggelar Piala Dunia U20 pada tahun 2023 nanti.

FIFA menjanjikan Indonesia tetap menjadi tuan rumah gelaran sepak bola paling akbar kategori U20 tersebut.

Laman resmi FIFA menyebutkan, pandemi virus corona menjadi dasar utama dalam keputusan untuk memundurkan jadwal dari semestinya.

Berikut pernyataan Federasi Sepak Bola Dunia:

Akibat pandemi COVID-19, Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U20 putra dan Piala Dunia U17 edisi 2021 putra, serta menunjuk Indonesia dan Peru, masing-masing dari mereka yang terpilih sebagai tuan rumah turnamen pada 2021, menjadi tuan rumah edisi 2023.

Pandemi Covid-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggara acara olahraga internasional dan memiliki efek membatasi pada perjalanan internasional.

Oleh karena itu, FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021.

Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk normal kembali ke tingkat yang memadai guna mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru, atas komitmen dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini.

FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses.

Kabar tersebut tentu menjadi kerugian besar bagi Indonesia.

Sebab, PSSI dibantu pemerintah sedang menggodok fasilitas yang dibutuhkan, khususnya renovasi stadion.

Selain itu, posisi timnas U19 Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong saat ini akan berangkat ke Spanyol untuk menggelar training center (TC).

Namun demikian, timnas U19 Indonesia bisa fokus ke Piala AFC U19 yang rencananya bergulir pada Maret 2021.

Respon PSSI

Federasi Sepak Bola Dunia ( FIFA) resmi memutuskan mengundur jadwal gelaran Piala Dunia U20 2021, Kamis (24/12/2020) malam WIB.

FIFA memilih "menghapus" satu generasi kategori U20 demi menekan penyebaran virus corona di dunia.

Ya, pandemi Covid-19 menjadi dasar dari keputusan badan sepak bola dunia tersebut.

"Akibat pandemi Covid-19, Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U20 putra dan Piala Dunia U17 edisi 2021 putra, serta menunjuk Indonesia dan Peru, masing-masing dari mereka yang terpilih sebagai tuan rumah turnamen pada 2021, menjadi tuan rumah edisi 2023," bunyi pernyataan resmi FIFA.

Mendengar kabar tersebut, PSSI gerak cepat memberi respons melalui situs resmi federasi.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menghormati dengan keputusan yang telah diumumkan.

"Sebetulnya, seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang," kata Mochamad Iriawan.

"PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U20 FIFA pada tahun 2021."

"Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Selanjutnya, timnas U19 Indonesia tetap fokus menggelar pemusatan latihan untuk bisa tampil cemerlang di Piala Asia U19 yang rencananya bergulir pada Maret 2021.

Di sisi lain, FIFA juga tetap menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 pada tahun 2023.

Hal tersebut tentu bisa membuat persiapan timnas U19 Indonesia nantinya lebih matang.

Sebab, Indonesia sudah dipastikan tampil di ajang bergengsi itu dan punya persiapan lebih dari dua tahun.

"Menyusul pembatalan Piala Dunia U20 FIFA pada 2021, timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U20 FIFA pada 2023."

"Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara," tandas Iwan Bule.

(Alang)

No comments

Powered by Blogger.