Irwan Basir: Peran RT/RW Sangat Penting Bagi Pemerintah

D'On, Padang (Sumbar),- Rukun Tetangga (RT) merupakan fungsi pemerintahan terendah yang lebih bersentuhan dan memahami kondisi masyarakatnya.


Oleh karena itu, RT lahir dari masyarakat yang tinggal dan hidup serta berinteraksi di lingkungannya, lewat pemilihan yang dilakukan secara musyawarah atau demokratis.


Hal itu disampaikan Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM dalam pengukuhan di RT.02/RW.12 Komplek Manggis, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sabtu (21/11/2020) malam.


Irwan Basir yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji menyebutkan, pemilihan RT merupakan siklus secara periodik untuk memilih ketua RT, dan dalam berdemokrasi harus disadari ada perbedaan.


"Masing-masing warga tentu memiliki pilihan sendiri siapa yang mereka nilai tepat untuk menjadi ketua RT. Namun ketika ketua RT sudah terpilih, siapa pun orangnya, maka semua perbedaan selama pemilihan RT harus sudah ditinggalkan.


Mari kita biasakan hal itu menjadi sebuah kesukaan, karena tugas RT selanjutnya adalah membantu tugas-tugas pemerintah dalam pelayanan kemasyarakatan. Ini lah konsep berdemokrasi," tegas Owner Padang Fishing Club ini.


Menurut tokoh yang viral dalam gerakan membantu masyarakat terdampak Covid-19 di awal-awal merebaknya Pandemi Covid-19 ini, pemahaman demokrasi badunsanak harus menjadi bagian yang terpisahkan dalam diri setiap warga. Sebab apa yang menjadi program RT dalam pemilihan RT sebelumnya, saatnya diaplikasikan di tengah warga RT yang dibantu perangkatnya sekretaris dan bendahara.


"Perbedaan itu lah yang harus menyatukan kita, bukan perbedaan yang menjadikan perpecahan. Demokrasi badunsanak ini yang harus terus kita sosialisasikan di tengah masyarakat, sehingga menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat," ujar Irwan Basir.


Oh karena itu, Irwan Basir juga mengatakan pelantikan RT ini menjadi momentum perubahan bagi seluruh warga RT.02/RW.12 untuk memberikan dukungan bagi pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.


"Kita berdemokrasi secara badunsanak, dan tinggal di lingkungan RT juga harus secara badunsanak," pesannya.


Sementara itu, Lurah Kuranji Kasma Effendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada RT yang lama. Beberapa pesan terkait peran RT, diantaranya mengajak warga untuk datang ke TPS pada Pilkada Sumbar Serentak 9 Desember 2020 mendatang.


Kemudian, usulan RT untuk Musrenbang 2021. "Tak lupa hal itu terus kita ingatkan, meski sejumlah usulan belum terealisasi," pesannya.


Apa yang disampaikan Datuk Irwan Basir juga diamini Ketua RW 12, Alex. Menurutnya, warga sangat apresiasi atas kehadiran Datuk Irwan Basir.


"Meski tingkat kesibukan Datuk Irwan Basir cukup tinggi, namun beliau masih berkenan meringankan langkah memenuhi undangan untuk menghadiri pelantikan RT 02 RW 12 yang baru," ujar Alex.


Sebagai warga RW 12, katanya lagi, secara umum merupakan pendatang di kawasan Kuranji khususnya di Perumahan Manggis, Belimbing.


"Sebagai pendatang maka bagi kami Datuk Irwan Basir adalah Mamak bagi kami," ujar Alex.


Seperti diketahui, sebelum SK RT 02 RW 12 diserahkan oleh Lurah Kuranji, Datuk Irwan Basir berkesempatan mengukuhkan RT 02 baru Irwan yang ditandai dengan menanyakan lebih dulu kesiapannya menjadi RT yang baru. Setelah dijawab dengan siap, Datuk Irwan Basir menyampaikan beberapa amanatnya.


(Humas DPD LPM Kota Padang)

No comments

Powered by Blogger.